Yuk, Cegah Penyakit Kronis Sejak Muda! | Breaktime
Yuk, Cegah Penyakit Kronis Sejak Muda!
07.06.2015

Mendengar nama-nama penyakit kronis dan menyeramkan seperti jantung, diabetes, atau stroke, pasti hanya sosok usia senja saja yang terlintas di kepala B’timers, bukan? Penyakit ini memang banyak menyerang orang berusia 45 tahun, namun kini penyakit tersebut ternyata juga bisa menyerang generasi muda, lho.

Menurut Dr. Ryan Thamrin dari Dr. Oz Indonesia, kasus penyakit kronis yang menyerang kaum muda terjadi karena perubahan gaya hidup yang semakin tidak sehat. Tak harus menjadi kakek-kakek atau nenek-nenek saja, B’timers yang sudah memasuki usia 30 tahun pun bisa jadi terkena salah satu penyakit kronis tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Anwar Santoso, SpJP (K), FIHA, FACC, selaku Ketua PERKI (Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia). Menurut dr. Anwar, faktor polusi udara yang tinggi kerap memperburuk risiko penyakit kronis pada generasi muda.

Polutan asap mobil atau pabrik akan membuat kadar oksidan dalam tubuh meningkat yang berdampak pada penyempitan pembuluh darah. Nah, masalah akan semakin serius ketika B’timers kerap mengonsumsi makanan dengan kadar gula, garam, dan lemak tinggi.

Pusing mendadak bisa jadi gejala stroke
Pusing mendadak bisa jadi gejala stroke

Penyakit mengerikan seperti stroke yang menjadikan sebagian tubuh menjadi lumpuh pun jadi tak bisa dihindari. Umumnya, gejala stroke diawali dengan rasa sakit yang mendadak pada kepala, pingsan dengan tiba-tiba, sulit bicaa, pandangan kabur, terjatuh, sulit bernapas, dan denyut nadi terasa kuat atau justru melemah.

Oleh karena itu, dr. Ryan juga menganjurkan B’timers untuk mengukur tekanan darah secara rutin. Namun, bila langkah ini dirasa terlalu rumit, Anda cukup memeriksa denyut nadi. Normalnya, dalam keadaan istirahat denyut nadi manusia adalah 60 hingga 100 per menit.

Bila Anda usai melakukan aktivitas berat seperti olahraga lari sekian kilometer, ada baiknya Anda menunggu selama 5 sampai 10 menit sebelum melakukan pengukuran denyut nadi. Kegiatan ini sangat membantu untuk memantau kondisi kesehatan Anda terkini.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga gaya hidup dan pola makan sehat secara rutin agar tubuh Anda tetap bugar meski memasuki usia senja. Kalau bisa hidup sehat, awet muda, dan panjang umur sejak sekarang, kenapa tidak?

Share This Article