Yuk, Belajar Mengelola Makanan Sehat! | Breaktime
Yuk, Belajar Mengelola Makanan Sehat!
30.12.2016

Salah satu hal primer yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup adalah asupan makanan. Makanan-makanan yang Anda konsumsi setiap harinya tidak hanya menyediakan energi sehingga Anda dapat beraktivitas dengan maksimal, tetapi juga mengandung zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh sehingga mereka dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sayangnya, nutrisi-nutrisi alami yang terdapat di dalam sayuran, buah-buahan, daging, dan bahan makanan lainnya dapat berkurang secara drastis atau menghilang sama sekali jika proses pemrosesan makanan berlangsung terlalu lama. Lalu bagaimanakah cara mengelola makanan sehat yang benar sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan?

Baca juga : MAKANAN TINGGI PROTEIN YANG TEPAT UNTUK DIET!

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengelola makanan sehat adalah, Anda perlu melakukan seleksi yang cermat terhadap bahan-bahan masakan yang akan Anda kelola. Sebagai contoh Anda harus memastikan bahwa buah-buahan serta sayuran yang Anda beli dalam keadaan segar dan ditanam secara organik, dalam arti bahwa petani tidak menggunakan pestisida atau bahan-bahan kimia yang lain. Hal tersebut tentu sangatlah penting karena pestisida yang menempel di sayuran atau buah-buahan dapat berdampak pada kesehatan jika ia masuk ke saluran pencernaan Anda.

Dalam pemilihan daging ayam, daging ikan dan daging sapi, pastikan bahwa daging tersebut dalam keadaan segar dengan kekenyalan yang pas. Perhatikan secara cermat jumlah lalat yang melayang di atas daging tersebut. Apabila Anda tidak mendapati satu ekor lalatpun pada daging tersebut, atau jika jumlah lalat terlalu banyak dan keadaan daging berwarna biru dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap maka jangan membeli produk daging tersebut karena besar kemungkinan bahwa daging tersebut adalah daging yang dilumuri formalin atau daging tersebut telah membusuk.

Yuk, Belajar Mengelola Makanan Sehat! | Breaktime
Pengelolaan makanan yang benar itu penting!

Setelah Anda menyeleksi bahan-bahan masakan yang akan Anda olah, Anda perlu memisahkan bahan-bahan mentah seperti daging dengan bahan-bahan makanan yang siap diproses atau yang telah dimasak. Hal tersebut bertujuan agar mikroorganisme yang ada di bahan makanan tersebut tidak berpindah tempat dan mengkontaminasi masakan yang siap santap.

Untuk mengelola sayur-mayur hindari memasak sayur-mayur tersebut dengan jangka waktu lebih dari 1 atau 2 menit, karena hal tersebut berpotensi melarutkan vitamin-vitamin yang ada di dalam sayur sehingga sayur yang Anda masak akan kehilangan manfaatnya. Sedangkan jika Anda memasak daging, maka Anda perlu memastikan bahwa suhu dari air rendaman daging tersebut adalah air mendidih dengan suhu sebesar 70o celsius sehingga kuman-kuman dan mikroorganisme yang hinggap di daging tersebut mati.

Satu hal yang sering menjadi kelalaian bagi kebanyakan orang adalah meletakkan makanan yang telah dimasak pada suhu ruang dalam kurun waktu lebih dari 2 jam.  Tanpa Anda sadari hal tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri dan mempercepat proses pembusukan makanan. Apabila makanan yang Anda hidangkan tidak segera habis dan Anda ingin menghidangkannya kembali nanti, maka simpan makanan tersebut ke dalam lemari pendingin untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Dan apabila Anda ingin menghidangkannya kembali, cukup panaskan makanan tersebut pada suhu di atas 60o celsius sebelum dihidangkan.

Baca juga : INI DIA MAKANAN YANG DAPAT KEMBALIKAN MOOD ANDA!

Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya dalam mengelola makanan sehat adalah menciptakan area memasak yang steril dan bersih. Ketika Anda memasak, cucilah tangan Anda terlebih dahulu terutama setelah Anda beraktivitas dari luar rumah, apabila Anda memiliki hewan peliharaan jangan bolehkan mereka berada di area dapur untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri yang menempel pada bulu hewan peliharaan Anda. Selain itu tutup makanan yang tersaji dengan menggunakan tudung saji untuk menghindari kontaminasi debu. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE