Manfaat Tidur Siang yang Mengagumkan untuk Tubuh | Breaktime
Yang Hobi Tidur Siang, Ini ‘Bonus’ untuk Anda
01.07.2015

Bagi sebagian orang, tidur siang merupakan aktivitas malas yang dilakukan di tengah kesibukan yang menumpuk. Padahal, tidur siang selama beberapa saat ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang mengagumkan pada tubuh Anda, lho. Penasaran dengan manfaat apa saja yang diberikan? Yuk, simak ulasannya:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidur siang 10 menit saat istirahat efektif menyegarkan pikiran
Tidur siang 10 menit saat istirahat efektif menyegarkan pikiran

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh pihak Endocrine Society dalam sebuah jurnal berjudul Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM), para peneliti menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengurangi stres, serta memperbaiki kualitas tidur di malam hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Brice Faraut, PhD dari Université Paris Descartes-sorbonne Paris Cité, menyebutkan bahwa penelitiannya bahwa tidur siang memang dapat mengembalikan biomarker dari neuroendocrine dan sistem kekebalan tubuh kembali normal.

Menajamkan daya ingat

Penelitian lain yang dilakukan oleh Natahalia Lemos beserta sejumlah rekannya dari Federal University of Rio Grande do Norte, Brazil menunjukkan bahwa pelajar yang memiliki waktu tidur siang memiliki kemampuan daya ingat yang bagus dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Mengatasi masalah mudah horny

Sebuah penelitian dari Hendrix College mengungkap bahwa laki-laki yang kelelahan akibat kurang waktu tidur seringkali mudah horny ketika melihat wanita. Oleh karena itu, tidur siang akan membantu untuk menyeimbangkan lobus frontal pada otak yang mengatur judgement, kontrol rangsangan, serta perilaku sosial dan seksual seseorang.

Bagaimana? Apakah B’timers tertarik untuk melakukan tidur siang? Dr. Abid Malik, M.D., direktur medis dari Sleep Disorder Center di Orlando Health-South Seminole Hospital menuturkan bahwa tidur siang hanya butuh waktu 15 hingga 20 menit agar Anda kembali produktif. Lupakan bahwa tidur siang identik dengan kemalasan as it’s a wonderful way to improve your life!

Share This Article