Yakin Mau ‘Serahkan’ Anak pada Babysitter? Intip Plus-Minusnya! | Breaktime
Yakin Mau ‘Serahkan’ Anak pada Babysitter? Intip Plus-Minusnya!
03.08.2015

Bagi ibu rumah tangga yang aktif bekerja di luar rumah, keputusan untuk menggunakan jasa baby sitter terkadang jadi hal yang cukup memusingkan. Di satu sisi Anda ingin tetap aktif mengaktualisasikan diri, namun di sisi lain Anda  juga mencemaskan perkembangan si Kecil. Nah, yuk simak dulu manfaat apa saja yang bisa didapatkan bila menggunakan jasa baby sitter:

Mendukung karir

Sebagian wanita memang merasa perlu untuk mengaktualisasikan dirinya dengan bekerja di rumah. Dalam kondisi seperti ini, seorang babysitter yang terpercaya akan membantu Anda untuk mengasuh buah hati dengan baik.

Memberikan waktu istirahat

Dengan adanya babysitter, Anda tak perlu kelelahan
Dengan adanya babysitter, Anda tak perlu kelelahan

Tak dipungkiri bahwa mengasuh anak merupakan tugas yang berat dan melelahkan. Bahkan, sejumlah ibu rumah tangga bisa mengalami stres tinggi ketika anak menjadi sulit diatur. Namun, dengan keberadaan babysitter, beban akan lebih ringan dan Anda pun memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat sebelum kembali sibuk dengan aktivitas rumah tangga lainnya.

Namun, di balik kenyamanan memiliki babysitter, tak bisa dipungkiri ada juga sejumlah kekurangan yang akan B’timers dapatkan. Apa saja?

Mengganggu perilaku anak

Robin Goodman, seorang profesor di NYU School of Medicine menuturkan bahwa anak yang dirawat oleh baby sitter berpotensi memiliki perilaku buruk tiga kali lipat lebih besar dari mereka yang diasuh langsung oleh orang tuanya.

Hal ini terjadi karena anak cenderung merasa diabaikan. Perasaan inilah yang menjadikan pelepasan hormon stres lebih mudah dan membuat perilaku anak jadi lebih agresif.

Membuat jarak dengan orang tua

Tetap akrabi anak meski menggunakan jasa baby sitter
Tetap akrabi anak meski menggunakan jasa baby sitter

Terlalu sering meninggalkan anak dengan babysitter ternyata juga dapat mengganggu kedekatan emosionalnya dengan Anda. Alhasil, anak malah menganggap babysitter-nya adalah keluarga dan Anda adalah orang lain.

Tentu hal semacam ini tak diinginkan oleh orang tua manapun, bukan? Oleh karena itu, jika memang Anda harus menggunkan jasa babysitter, pastikan untuk tidak melepaskan tanggung jawab mengasuh anak secara penuh.

Peran Anda untuk ikut serta dalam perkembangan anak tetap sangat dibutuhkan. Sepulang kerja, B’timers bisa menghabiskan sedikit waktu untuk menyuapi anak dan bermain dengan mereka.

Begitu pula ketika mereka sudah tumbuh semakin besar. Upayakan agar Anda lebih banyak menghabiskan waktu bersama mereka dan meng-handle pekerjaan dari rumah. Ingatlah bahwa masa kecil anak tak akan berulang dan itulah mengapa perhatian penuh Anda sangat dibutuhkan. Be wise, B’timers!

Share This Article