Warna Urine Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda! | Breaktime
Wow, Warna Urine Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda!
29.10.2015

Urine merupakan salah satu hal penting yang sering terlewatkan dan luput dari perhatian kita. Padahal, warna urine memiliki arti yang berhubungan dengan kondisi tubuh, terutama kesehatan organ dalam. Berikut ulasannya:

Merah atau pink

Meskipun tampak mengerikan ketika urine Anda berwarna merah atau pink, tapi urine dengan warna ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Darah

Darah dapat mengubah warna urine menjadi merah atau pink dan sering disebut sebagai Hematuria. Penyebabnya adalah infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, tumor, kanker, kista ginjal, dan batu ginjal.

  • Makanan

Makanan-makanan tertentu dengan warna yang pekat seperti buah bit dan blackberry juga dapat menyebabkan warna urine menjadi merah atau pink.

  • Obat

Antibiotik yang digunakan untuk mengobati tuberkulosis, seperti Rifadin dan Rimactane, juga dapat menyebabkan perubahan warna pada urine. Obat pencahar dan beberapa obat kemoterapi juga akan mengakibatkan efek yang sama.

Warna Urine Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda! | Breaktime
Obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi warna urine

Oranye

Jika urine Anda berwarna oranye, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Karena warna oranye pada urine dapat menjadi tanda bahwa sedang ada masalah dengan hati atau saluran empedu. Gejala ini biasanya juga terlihat dari tinja yang berwarna terang. Selain penyakit, dehidrasi juga dapat menyebabkan urine berwarna oranye.

Baca Juga : OLAHRAGA MALAM TAK BAIK UNTUK KESEHATAN, MITOS ATAU FAKTA?

Hijau atau biru

Urine juga bisa menjadi berwarna hijau atau biru. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh 3 hal berikut:

  • Kondisi medis

Hiperkalsemia, sebuah kelainan genetik langka yang juga disebut sindrom popok biru, menyebabkan penderitanya memiliki urine berwarna biru. Sedangkan warna hijau akan muncul akibat infeksi saluran kemih karena bakteri pseudomonas.

  • Obat

Obat-obatan tertentu juga menyebabkan urine berwarna hijau atau biru. Di antaranya adalah amitriptyline, indomethacin, dan propofol.

  • Makanan

Beberapa pewarna makanan juga dapat mempengaruhi warna urine.

Warna Urine Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda! | Breaktime
Segera kunjungi dokter jika warna urine tidak normal

Cokelat

Warna cokelat pada urine dapat terjadi karena hal berikut:

  • Kondisi medis

Gangguan kesehatan pada hati, ginjal dan saluran kemih juga dapat menyebabkan urine berwarna cokelat. Warna ini biasanya disebabkan oleh kandungan darah yang ada dalam urine.

  • Obat

Obat-obatan tertentu, seperti obat antimalarial, antibiotik, obat pencahar, dan relaksan otot juga dapat mengubah warna urine menjadi cokelat.

  • Olahraga ekstrim

Olahraga berlebihan yang menyebabkan cedera otot juga akan mengubah warna urine menjadi cokelat.

Berbusa dan keruh

Infeksi saluran kemih dan penyakit batu ginjal akan menyebabkan urine berwarna keruh. Sedangkan urine berbusa dapat disebabkan oleh kandungan protein dalam urine ataupun masalah pada ginjal.

Perubahan warna urine yang tiba-tiba dan tidak biasa, sebaiknya menjadi alarm bagi B’timers untuk segera mengunjungi dokter. Dengan begitu, penyebab perubahan warna akan cepat diketahui dan ditangani.

Share This Article