Tinggal Dekat Supermarket Ternyata Menyehatkan! | Breaktime
Wow, Tinggal Dekat Supermarket Ternyata Menyehatkan!
30.05.2016

Selama ini, tinggal dekat dengan supermarket sering dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Alasannya, supermarket yang berada tidak jauh dari tempat tinggal akan memungkinkan Anda jadi lebih konsumtif terhadap makanan-makanan yang tidak sehat, misalnya snack, minuman bersoda dan lain sebagainya.

Namun, para peneliti di Amerika Serikat telah berubah pikirannya, B’timers. Kontradiktif dengan yang selama ini diyakini, mereka justru menemukan bahwa mereka yang tinggal dekat dengan toko atau grocery store bisa hidup lebih sehat karena banyaknya pilihan makanan sehat yang bisa diolah di rumah.

Tinggal Dekat Supermarket Ternyata Menyehatkan! | Breaktime
Penuhi kebutuhan gizi harian Anda

Dibuktikan melalui penelitian

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi kecil dari sebuah Instagram posting menemukan bahwa, sebenarnya, orang-orang yang tinggal dekat dengan toko-toko makanan bisa menjalankan diet jauh lebih baik daripada mereka yang tidak tinggal dekat supermarket. Posting-an tersebut dilihat juga oleh sebuah tim di Georgia Institute of Technology yang kemudian menyetujui adanya fakta tersebut.

Munmun De Choudhury, asisten profesor di Georgia Tech School of Interactive Computing, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, “Instagram benar-benar memberi kita gambaran tentang apa yang orang benar-benar makan di komunitas ini, memungkinkan kita untuk mempelajarinya dengan cara yang baru,” ungkapnya.

Tinggal Dekat Supermarket Ternyata Menyehatkan! | Breaktime
Belanja di supermarket juga membantu membakar kalori

Analisa yang dilakukan timnya tersebut berujung pada penemuan satu fakta yang berkaitan dengan fakta sosial. Mereka memiliki bukti yang cukup kongkrit untuk menyatakan bahwa tinggal dekat dengan toko sayuran atau supermarket adalah menyehatkan. Nyatanya, masyarakat cenderung sering dan selalu memakan makanan yang terkenal dan ada di sekitarnya saja di manapun ia tinggal.

Contoh mudahnya, jika seseorang tinggal di daerah A yang dekat dengan makanan-makanan B, maka seseorang ini lebih cenderung selalu mengonsumsi makanan B tersebut. Nah, seperti itulah jika Anda tinggal di dekat supermarket yang menjual banyak sayuran dan ikan sumber protein meskipun juga menjual makanan kurang sehat.

Well, Anda memang bisa memilih makanan instan yang tidak baik untuk tubuh yang di-display di supermarket. Namun, melihat bahan makanan segar seperti sayuran, daging salmon dan makanan sehat lainnya, lebih menantang Anda untuk mencoba makanan sehat tersebut.

Bagaimana, B’timers? Cukup diterima alasan tinggal dekat supermarket bisa menyehatkan tubuh dan mendukung diet, kan? Kalau Anda sendiri, jauh atau dekat dari supermarket, nih? (nap)

Share This Article