Wow, Ternyata Stres Juga Punya Manfaat! Apa Itu? | Breaktime
Wow, Ternyata Stres Juga Punya Manfaat! Apa Itu?
22.02.2017

Oh, man! Kenapa stres selalu mengganggu kehidupan, sih! Well, selama seseorang itu hidup, maka tidak akan terlepas dari sumber masalah yang namanya stres, B’timers. Merupakan reaksi alami terhadap fisik dan mental, stres dapat datang dari pengalaman baik maupun buruk, lho. Tubuh Anda bakal melepaskan hormon untuk merespon stres yang datang menghadang.

Dan mungkin selama ini kita menilai bahwa stres adalah reaksi tidak sehat dari tubuh. Bagaimana tidak, ketika seseorang mengalami stres, mereka akan menjadi tidak nafsu makan serta jadwal tidur biasanya terganggu. Bahkan di saat stres, kita pun lebih memilih untuk tidak berinteraksi dengan dunia luar. Eits, padahal stres punya manfaat di baliknya, lho! Simak di sini!

Seperti yang diungkapkan oleh Richard Shelton dari Department of Psychiatry di University of Alabama Birmingham, stres ternyata tidak melulu memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Stres sebenarnya merupakan respon tubuh untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancam, B’timers. Baru di saat si stres makin parah dan sulit dikendalikan, stres akan buruk.

Wow, Ternyata Stres Juga Punya Manfaat! Apa Itu? | Breaktime
Stres ternyata bisa bantu tingkatkan kekuatan otak, lho

Ternyata stres bisa membantu meningkatkan kemampuan otak Anda, lho, B’timers. Stres dalam tingkat rendah terbukti dapat merangsang produksi zat kimia dalam otak yang disebut juga neurotrophins. Dan selain itu, stres dapat membantu menguatkan hubungan antar neuron di dalam otak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian, ketika seseorang stres, maka produktivitas dan konsentrasi akan semakin meningkat. Hormon stres atau kortisol ternyata membantu memfokuskan pikiran dan meningkatkan memori dalam jangka pendek, lho, B’timers

Jangan salah, lho, B’timers, karena ternyata stres juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam jangka pendeknya. Di saat tubuh Anda memberikan respon terhadap stres, maka tubuh langsung mempersiapkan diri dari setiap kemungkinan risiko cedera an infeksi. Nah, salah satunya adalah dengan memproduksi interleukin, yang merupakan bahan kimia yang dapat membantu meningkatkan imunitas. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Stanford Institute for Immunity, Transplantasi and Infection, bahwa hormon stres bantu melawan virus dan penyakit yang masuk.

Wow, Ternyata Stres Juga Punya Manfaat! Apa Itu? | Breaktime
Jangan takut, karena stres juga menyimpan manfaat, B’timers

Ketika stres menyerang, diri kita akan belajar untuk menangani situasi stres yang datang. Dengan cara ini maka kita akan semakin terlatih untuk mengatasi energi negatif yang datang menganggu. Cara ini sudah biasa digunakan di dalam latihan angkatan laut untuk melatih kemampuan dan daya tahan tubuh semua calon tentara. Ini adalah cara terbaik menurut ilmu psikologis dalam mengembangkan kemampuan fisik. Dan ternyata stres atau rasa cemas yang kita rasakan menyimpan manfaat demi membantu menguatkan kemampuan fisik setiap pribadi, B’timers.

Hayo, Anda yang suka menyalahkan stres karena menghalangi kesuksesan untuk datang! Ternyata stres dapat membantu membawa kesuksesan datang pada diri Anda, lho, B’timers. Salah satu stres yang baik, yang dikenal dengan eustress, ternyata yang membantu Anda selama ini dalam mendapatkan pekerjaan serta membantu Anda untuk menjadi sosok yang jauh lebih produktif. Nah, jangan menyalahkan stres! Well, fakta yang satu ini tentu terdengar cukup mengejutkan, jika ternyata stres dapat membantu Anda untuk menjadi lebih termotivasi demi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Untuk membantu meningkatkan perkembangan anak, stres sangat dibutuhkan, lho, B’timers. Anda tahu tidak, bahwa kebanyakan calon ibu khawatir, apabila kecemasan yang dirasakan akan memberi dampak pada perkembangan bayi yang akan lahir. Padahal bayi yang lahir dari wanita yang stres ringan, terbukti lebih memiliki tingkat kecerdasan motorik dan ketrampilan yang jauh lebih besar dibanding yang tidak. Manfaat stres yang satu ini tentu telah dilakukan pengujian terlebih dahulu sebelumnya, B’timers. Jadi jangan khawatir jika Anda mengalami stres selama masa kehamilan.

Wow, ternyata stres juga menawarkan manfaat positif, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE