Wow, SMS-an Saat Proses Operasi Ternyata Bermanfaat | Breaktime
Wow, SMS-an Saat Proses Operasi Ternyata Bermanfaat
16.09.2015

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik favorit sebelum, saat, dan setelah operasi sangat baik bagi pasien. Manfaat pertama adalah untuk mengurangi rasa sakit yang dialami pasien. Sedangkan manfaat kedua adalah untuk mempercepat proses penyembuhan.

Fakta terbaru menunjukkan bahwa asyik ber-SMS ketika sedang menjalani prosedur medis operasi dapat mengurangi rasa sakit pada pasien. Terdengar absurd memang, tapi hal tersebuta telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine, National Institutes of Health, Amerika Serikat.

SMS berisi dukungan dapat menguatkan pasien
SMS berisi dukungan dapat menguatkan pasien

Proses penelitian

Tujuan utama dari penelitian yang diketuai oleg Guillory, J. tesebut adalah untuk mengetahui efektivitas layanan pesan singkat (SMS) untuk mengurangi rasa sakit dan gangguang nyeri, serta meningkatkan dukungan sosial pada pasien dengan nyeri.

Subyek penelitian adalah 68 pasien dari 2 klinik di New York City yang terbagi menjadi 17 laki-laki dan 51 perempuan. Mereka kemudian diminta untuk men-download aplikasi pelacakan nyeri pada smartphone mereka. Aplikasi tersebut digunakan untuk merekam rasa nyeri dua kali sehari selama 4 minggu masa penelitian.

Selain penggunaan aplikasi tersebut, pasien yang tengah menjalani proses operasi dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk ber-SMS dengan pasangan, keluarga, maupun teman dekat, kelompok ke dua diminta untuk ber-SMS dengan tim peneliti, kelompok ke tiga bermain game Angry Birds, dan kelompok keempat tidak melakukan apapun.

Para pasien yang diminta untuk ber-SMS diberi dosis obat penghilang rasa sakit fentanyl dengan dosis paling rendah, pasien yang bermain game dengan dosis yang lebih tinggi, sedangkan mereka yang tak melakukan apapun diberi dosis tertinggi.

SMS motivasi dapat menurunkan dosis analgesic yang dibutuhkan pasien
SMS motivasi dapat menurunkan dosis analgesic yang dibutuhkan pasien

Hasil penelitian

Setelah operasi selesai, diambil data dari pasien. Hasilnya, pasien yang diminta melakukan SMS membutuhkan lebih sedikit penghilang nyeri untuk menghilangkan rasa sakitnya jika dibandingkan dengan pasien yang bermain game dan tidak melakukan apa-apa.

Uniknya, SMS dari orang yang baru dikenal (tim peneliti) lebih baik dari SMS dari orang yang telah dikenal lama (pasangan, keluarga, teman dekat). Hasil ini berkaitan dengan isi SMS yang diterima pasien. SMS dari tim peneliti umumnya memiliki kata-kata yang lebih positif dibandingkan kata-kata dari orang terdekat.

Namun, bagaimanapun dukungan dari orang terdekat, baik pasangan, keluarga, ataupun teman, adalah hal baik yang dapat mengurangi rasa sakit yang dialami pasien dan dapat mempercepat kesembuhan.

Share This Article