Mimpi Buruk Juga Berikan Manfaat! Seperti Apa? | Breaktime
Wow, Mimpi Buruk Juga Berikan Manfaat, Lho! Seperti Apa?
12.01.2016

Untuk sesuatu yang sederhana, ternyata tidur bukan merupakan hal yang mudah bagi kebanyakan orang, lho. Terlalu banyak atau sedikit tidur bisa sangat mempengaruhi kesehatan kita, mulai dari obesitas hingga masalah pada jantung. Dan, ternyata posisi tidur yang tidak tepat akan menyebabkan seseorang mendengkur, merasa mulas, timbul kerutan, bahkan mimpi buruk!

Benarkah posisi tidur dapat mempengaruhi mimpi?

Kebanyakan orang memilih tidur menyamping sebagai posisi paling nyaman. Dan yang mengejutkan, ternyata benar bahwa posisi tidur dapat mempengaruhi mimpi B’timers.

Berdasarkan percobaan terhadap sejumlah partisipan, mereka yang tidur miring ke sebelah kanan hanya memiliki sekitar 14,6 % kemungkinan mendapatkan mimpi buruk. Sebaliknya, ketika mereka tidur menghadap kiri jumlah persentasenya mencapai 40,9 %, akan memperoleh mimpi jelek.

Jadi jika Anda melihat pasangan mulai tidak tenang dalam tidurnya, bantu mereka berbalik menghadap kanan. Dan hal itu tidak akan mengganggu tidur mereka, kok.

Mimpi Buruk Juga Berikan Manfaat! Seperti Apa? | Breaktime
Tiba-tiba terbangun di tengah malam karena mimpi buruk yang kadang kita alami

Manfaat dari mimpi buruk

Kita semua pernah mengalaminya. Tertangkap, tertembak, atau melihat sesuatu yang mengerikan, sampai akhirnya Anda terbangun dalam keadaan panik. Tak seorang pun yang menyukai mimpi buruk. Namun, siapa yang tahu bahwa mimpi seram saat tidur memiliki manfaat yang cukup penting bagi kesehatan mental kita.

Penelitian “The Good Side of Bad Dreams” yang dilakukan New York Magazine menunjukkan bahwa mimpi buruk merupakan bentuk dari pelepasan emosional, yang membiarkan kita membuang rasa stres dan kecemasan yang mengganggu di dunia nyata.

Mimpi buruk pada dasarnya mengambil ketakutan kita dan mengubahnya menjadi kenangan. Dan, keuntungan yang Anda dapatkan dari mimpi buruk adalah:

  1. Memberi solusi kreatif untuk masalah emosional yang Anda hadapi saat ini
  2. Membantu Anda beradaptasi dengan perubahan hidup, misalnya perceraian
  3. Mimpi buruk dapat memaksa otak untuk menghadapi konflik emosional
  4. Mimpi yang berulang merupakan cerminan dari kegagalan terus menerus dan harus segera diselesaikan

Nah, betapa uniknya cara otak untuk mengatasi rasa takut yang kita miliki. Dan ternyata, bad dreams tidak selamanya bad untuk kita, ya, B’timers. (NO)

Share This Article