Wow, Inilah 7 Alasan Mengapa Melakukan Yoga Itu Penting | Breaktime
Wow, Inilah 7 Alasan Mengapa Melakukan Yoga Itu Penting
14.05.2015

Yoga adalah salah satu bentuk olah gerak kuno yang pada dasarnya melatih kelenturan tubuh dengan cara meregangkan punggung. Olahraga yang berasal dari India ini sudah ribuan tahun umurnya, B’timers.  Kata-kata “yoga” sendiri berarti “penyatuan” atau “penyatuan dengan Ilahi”, namun banyak persepsi yang menggeser fokus spiritual yoga tersebut.

Sehingga, muncul pandangan bahwa yoga adalah sekedar latihan gerakan yang melenturkan tubuh dengan beragam posisi yang jaw-dropping. Karenanya, Breaktime beberkan manfaat yoga yang pasti bakal bikin Anda langsung beranjak dari tempat duduk dan mulai berlatih yoga. What are they?

Workout yang hebat

Yoga sangat fleksibel dan merupakan workout yang sangat baik. Anda bisa menyesuaikan gerakan yoga dengan kemampuan dan kecepatan Anda sendiri, sehingga berlatih yoga akan terasa sangat nyaman.

Terhubung dengan tubuh

Latihan gerakan yoga untuk peregangan tubuh bertujuan meningkatkan kekuatan dan ketahanan. Berlatih yoga secara rutin dapat membuat Anda lebih in tune dengan tubuh dan bisa lebih tahu jika badan memang sehat atau mungkin ada masalah dengan kesehatan tubuh.

Membantu teknik pernapasan

Sebagian besar olahraga yoga adalah latihan pernapasan, yang terkait dengan posisi tubuh dan sistem pernapasan itu sendiri. Berlatih yoga dapat memperbaiki pernapasan dan me-manage stress dengan efektif.

Tidur lebih berkualitas

Melakukan gerakan yoga, baik sebelum tidur atau kapan saja, dapat membuat Anda tidur lebih cepat sekaligus membuat tidur jadi lebih nyenyak. Karena itu yoga juga sangat baik untuk penderita insomnia.

Berlatih gerakan yoga dapat membentuk postur tubuh yang ideal
Berlatih gerakan yoga dapat membentuk postur tubuh yang ideal

Memperbaiki postur tubuh

Yoga berfungsi efektif memperbaiki postur tubuh lewat gerakan-gerakannya. Sebab, berlatih yoga menekankan pada pernapasan dan posisi duduk yang mengharuskan punggung tegak lurus.

Memperkuat fisik dan mental

Berlatih gerakan yoga sekaligus melatih meditasi dan meregangkan tubuh serta memperbaiki teknik pernapasan. Ini dapat memperkuat tubuh serta membuat pikiran clear, mengatasi stress dan memperbaiki kesehatan mental.

Meditasi bisa memperbaiki hidup

Meditasi, meditasi, meditasi. Meditasi memang merupakan kunci dalam yoga. Meditasi dapat memberikan “waktu” pada pikiran untuk sejenak beristirahat, menjadi lebih tenang dan damai.

Nah, kalau Anda baru ingin mencoba yoga untuk pertama kali, ada event yoga massal bertajuk “Ayo Sehat Indonesiaku!”, yang akan digelar pada tanggal 17 Mei 2015 mendatang. Lakukan pendaftarannya di https://axa.co.id/ingatsehat/ayosehatindonesiaku.

Share This Article