5 Fakta Penting tentang Kondisi Air di Indonesia | Breaktime
Wow, ini 5 Fakta Penting tentang Kondisi Air di Indonesia!
21.06.2016

Seperti yang telah kita ketahui, air merupakan senyawa paling penting bagi seluruh kehidupan yang ada di bumi ini. Nah, air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun Anda tentu pernah melihat bagaimana penampakan sungai yang ada di kota-kota besar di Indonesia, bukan, B’timers? Nah, apa yang Anda bayangkan jika melihatnya? Yuk, simak 5 fakta penting tentang kondisi air di Indonesia berikut ini, B’timers!

Indonesia kaya akan ketersediaan air

Tahukah Anda, bahwa Indonesia mewakili hampir 6 % dari sumber daya air dunia? Itu artinya secara statistik Indonesia tidak termasuk sebagai daerah yang langka sumber daya air, kan, B’timers. Namun, pada kenyataannya, kini sebagian besar wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur mengalami kekurangan air bersih, lho.

Hanya 29 % yang punya akses air bersih

Anda mendapatkan air bersih yang bisa digunakan untuk semua kebutuhan dalam rumah tangga tanpa perlu susah menimba dari sumur atau pergi ke sumber air yang letaknya jauh dari tempat tinggal. Dan yang mengejutkan adalah, ternyata dari total jumlah penduduk yang ada, hanya sekitar 29 % masyarakat saja yang dapat mengakses air bersih melalui pipa.

5 Fakta Penting tentang Kondisi Air di Indonesia | Breaktime
Itulah kenapa kita harus menghemat air, B’timers!

Terjadi penurunan permukaan air tanah

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, kalau sejak tahun 1970 hingga 2013, telah terjadi penurunan permukaan air tanah. Dan salah satu dari 5 fakta penting tentang kondisi air di Indonesia adalah sekitar 80 % permukaan air tanah telah berkurang, B’timers. Maka bukan hal yang mengejutkan lagi jika banyak masyarakat yang masih sulit memperoleh air bersih.

Jawa adalah yang paling kekurangan air

Berapa lama Anda tinggal di Pulau Jawa, B’timers? Dan Pulau Jawa merupakan pulau di Indonesia yang mengalami kekurangan pasokan air bersih terbesar dibandingkan dengan pulau lainnya, lho. Jumlahnya dikatakan mencapai – 134.102 juta m3 setiap tahunnya. Alasannya tentu karena besarnya kebutuhan air bersih penduduk yang melebihi persediaan air yang ada.

Status air permukaan jauh di ambang batas

Mungkin hingga saat ini Anda masih bisa merasa cukup tenang karena saluran air di rumah tidak pernah ada gangguan. Padahal berdasarkan penelitian, untuk status air permukaan normal, kondisi sungai di beberapa wilayah Indonesia ternyata sudah jauh di atas ambang batas layak yang disaratkan sebagai sumber air baku. Itu menurut data dari tahun 2010.

Wow, ternyata 5 fakta penting tentang kondisi air di Indonesia ini cukup mengejutkan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article