Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu! | Breaktime
Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu!
12.04.2017

Vertigo adalah salah satu keluhan medis yang cukup sering diungkapkan oleh orang-orang, lho, B’timers. Untuk penderita biasanya serangan vertigo menimbulkan perasaan seperti sedang bergerak. Padahal diri mereka sedang dalam posisi diam. Atau bisa juga perasaan yang timbul seperti benda-benda yang ada di sekitarnya bergerak, padahal semua benda diam di tempatnya.

Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu! | Breaktime
Penderita vertigo akan merasa seolah dunia di sekitar berputar

Bisa dikatakan, vertigo adalah perasaan yang hampir sama dengan mabuk. Penderita umumnya megeluh merasa pusing. Nah, vertigo sama sekali berbeda daripada sekedar pusing atau sakit kepala ringan yang sering kita rasakan di hari-hari tertentu, lho, B’timers. Saat serangan vertigo datang, maka penderitanya tidak mungkin melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nah, di bawah ini adalah tanda-tanda vertigo yang wajib Anda ketahui, B’timers!

Baca juga: SERING SAKIT KEPALA? MUNGKIN INI DIA PENYEBABNYA

Ada dua kategori dari vertigo, B’timers. Yang pertama adalah vertigo perifer. Nah, serangan vertigo yang satu ini adalah akibat dari terjadinya masalah yang ada di telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Dan yang perlu Anda catat adalah saraf vestibular ini merupakan bagian saraf yang menjadi penghubung dari telinga bagian dalam dengan otak manusia.

Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu! | Breaktime
Jika serangan datang, penderita tak akan mampu beraktivitas

Lalu vertigo kategori yang kedua adalah vertigo sentral. Nah, bedanya dengan vertigo perifer adalah, ada masalah yang terjadi pada otak penderita. Gangguan khususnya terjadi di bagian otak kecil. Masalah ini pada akhirnya akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan dan gerakan. Seperti yang kita ketahui,  otak kecil di otak belakang bertugas mengontrol koordinasi gerakan dan juga keseimbangan.

Baca juga: PENYEBAB SAKIT KEPALA KRONIS DAN CARA MENGOBATI!

Sebagian besar penyebab dari vertigo perifer adalah adanya perubahan dari posisi kepala Anda. Hal satu ini akan menyebabkan Kristal kalsium mengambang di saluran setengah lingkaran dari telinga. Radang di telinga bagian dalam bisa tiba-tiba menjadi penyebab seseorang mengalami vertigo, lho, B’timers. Untuk diperhatikan, tanda-tanda vertigo bisa berbeda sesuai dengan penyebab terjadinya vertigo.

Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu! | Breaktime
Bedakan sakit kepala pusing biasa dengan serangan vertigo, B’timers

Gejala dan tanda yang ditimbulkan oleh serangan vertigo biasanya cenderung cukup mirip dengan tanda orang yang mabuk. Tanda yang sering dikeluhkan adalah perasaan yang didapatkan seolah ruangan yang ada di sekelilingnya berputar dengan diri penderita sebagai poros dari gravitasi. Nah, jika tanda-tanda ini mulai dirasakan, penderita akan mulai kehilangan keseimbangannya.

Baca juga: SIMAK APA SAJA PENYEBAB SAKIT KEPALA BELAKANG

Tanda-tanda dari serangan vertigo yang biasanya dirasakan adalah mual yang tak jarang disertai dengan muntah, B’timers. Selain mual dan keinginan untuk muntah, penderita juga tidak jarang mengeluh nyeri atau sakit pada kepala mereka. Nah, karena penderita kehilangan keseimbangannya, maka mereka akan lebih mudah tersandung saat berjalan.

Waspadailah Tanda-tanda Vertigo yang Mengganggu! | Breaktime
Konsultasikan dengan dokter, karena vertigo sangat mengganggu

Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui dengan jelas apakah mereka hanya mengalami sakit kepala biasa ataukah mengalami serangan vertigo, B’timers. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui apakah Anda menderita vertigo dengan datang langsung ke dokter serta melakukan konsultasi. Setelah itu, mereka akan mencari tahu apakah penyebab dari vertigo yang menyerang Anda.

Pertanyaan yang biasanya diajukan oleh dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita vertigo atau hanya sakit kepala biasa, adalah “Apakah Anda merasa dunia berputar atau apakah Anda hanya merasa pusing saja?” Karena jika Anda merasa seluruh dunia berputar, maka ini adalah tanda-tanda dari vertigo yang Anda alami. Dan jika Anda hanya merasa pusing, maka itu hanyalah sakit kepala biasa.

Untuk Anda ketahui, terkadang vertigo merupakan tanda awal dari adanya masalah kesehatan lainnya di dalam tubuh. Dan tik jarang masalah kesehatan tersebut terbilang cukup serius, lho, B’timers. Beberapa penyakit serius yang biasanya diawali dengan serangan vertigo adalah stroke, tumor yang tumbuh pada otak kecil, migrain hingga multiple sclerosis, B’timers.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda vertigo yang wajib untuk Anda ketahui, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE