Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol | Breaktime
Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol
21.04.2017

Kolesterol tinggi telah sejak lama dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, B’timers. Nah, dalam penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit pembuluh darah periver. Dan bukan hanya itu saja, lho. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh Anda juga terbukti berkaitan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol | Breaktime
Hati-hati, obesitas bisa jadi alasan meningkatnya kolesterol

Untuk mencegah atau mengatasi kondisi kesehatan yang satu ini, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter dan mencari tahu langkah-langkah apa saja yang perlu untuk Anda lakukan demi menurunkan si kolesterol jahat yang bahkan bisa membawa penyakit mematikan, B’timers. Nah, di bawah ini beberapa tanda-tanda penyakit kolesterol yang harus Anda waspadai!

Baca juga: BISUL DI KETIAK, APA PENYEBAB DAN SOLUSINYA?

Well, sebenarnya tanda-tanda kolesterol tinggi ini tak menunjukkan adanya gejala yang bisa tampak di tubuh pasien, lho, B’timers. Satu-satunya cara untuk mengetahui seberapa tinggi kadar kolesterol Anda adalah dengan cara melakukan tes darah. Ya, tes darah merupakan the one and only way to know your cholesterol level, B’timers.

Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol | Breaktime
Satu-satunya cara tahu kadar kolesterol adalah tes darah

Tanyakanlah kepada dokter Anda, apakah Anda perlu menjalani tes kolesterol di dalam waktu dekat ini. Biasanya rekomendasi dari dokter untuk masing-masing orang bisa cukup bervariasi, B’timers. Nah, lalu untuk tes darah selanjutnya, biasanya harus dilakkan setidaknya setiap 5 tahun sekali. Namun apabila hasil tes Anda tidak sesuai dengan kisaran yang diharapkan, biasanya dokter akan menyarankan untuk Anda melakukan tes darah jauh lebih sering.

Baca juga: 5 MAKANAN AJAIB ATASI RASA SAKIT SELAMA HAID

Nah, tanda-tanda penyakit kolesterol lainnya yang biasanya menjadi keputusan dokter untuk menjalani tes darah pada seseorang adalah jika Anda memiliki riwayat anggota keluarga yang memiliki kolesterol tinggi, penyakit jantung atau faktor risiko lainnya. Seperti misalnya kebiasaan merokok, diabetes hingga memiliki gejala atau tekanan darah tinggi.

Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol | Breaktime
Kebiasaan hidup modern bisa meningkatkan kadar kolesterol

Penyebab dari meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang adalah penumpukan kolesterol jahat. Kolesterol dibawa melalui darah Anda dan menempel pada protein di dalam tubuh Anda. LDL atau kolesterol jahat biasanya mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh Anda. Nah, kolesterol satu ini akan menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Sementara untuk kolesterol baik atau yang kita sebut juga dengan HDL, mereka mengangkat kelebihan kolesterol dan selanjutnya akan membawa kolesterol ini kembali pada hati Anda, B’timers. Tanda-tanda kolesterol tinggi biasanya dapat diketahui dari beberapa faktor. Misalnya kebiasaan tubuh yang tidak bergerak aktif, obesitas dan kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Baca juga: OBAT SAKIT KEPALA DENGAN BAHAN YANG ADA DI RUMAH

Faktor di luar tubuh juga memiliki peranan yang cukup tinggi akan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, B’timers. Nah, untuk kasus peningkatan kadar kolesterol adalah susunan genetik di dalam tubuh Anda tidak dapat membuat kolesterol LDL atau kolesterol buruk keluar dari tubuh. Jadi akibatnya adalah hati Anda menghasilkan terlalu banyak kolesterol.

Waspadailah! Ini Tanda-tanda Penyakit Kolesterol | Breaktime
Serangan jantung terjadi karena penyumbatan arteri

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan atherosclerosis, sebuah kondisi membahayakan, di mana terjadi penumpukan di dinding arteri Anda. Plak tersebut dapat mengurangi aliran darah yang melalui arteri Anda, B’timers. Tanda-tanda penyakit kolesterol, biasanya penderita merasakan sakit atau nyeri pada dada. Hal ini karena arteri yang memasok darah ke jantung tersumbat plak dari kolesterol jahat.

Tanda-tanda kolesterol tinggi adalah serangan jantung yang mendadak, B’timers. Hal tersebut terjadi pada saat plak di pembuluh darah robek atau pecah. Bekuand arah pun akan terbentuk di tempat yang rusak tersebut. Dan pada akhirnya akan menghalangi aliran darah ke arah jantung. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE