Waspadai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita | Breaktime
Waspadai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita
08.11.2017

Masih segar di ingatan kita tentang kabar berpulangnya salah satu aktris kawakan Indonesia yaitu Julia Perez yang telah bertarung melawan kanker serviks sejak tahun 2014, walaupun kemudian mendiang harus kalah saat kanker yang mencapai stadium 4 tersebut menggerogoti tubuhnya. Kanker serviks, bersama dengan kanker payudara dan kanker rahim adalah 3 jenis kanker yang paling mematikan dan telah merenggut nyawa jutaan wanita setiap tahunnya. Bisakah mencegah penyakit kanker ini? Dan apa saja penyebab kanker serviks pada wanita?

Penyebab kanker serviks pada wanita yang paling utama adalah akibat infeksi dari virus Human Papillomavirus, atau yang lebih dikenal dengan virus HPV. Hampir sama dengan virus flu, virus HPV memiliki banyak jenis dan tidak semua jenis dari virus tersebut dapat mengakibatkan kanker. Ketika masuk ke dalam tubuh seseorang, virus tersebut bisa jadi menginfeksi organ tubuh dan memunculkan gejala-gejala infeksi, tapi biasanya infeksi tersebut hanya berlangsung selama beberapa saat dan akan menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Jus Bayam Mentah Sayang untuk Dilewatkan

Hanya saja dalam kasus tertentu, infeksi virus tersebut terus berlanjut dan mengakibatkan beberapa perubahan pada organ leher rahim dan tak jarang dampak dari perubahan tersebut memicu munculnya sel-sel kanker. Salah satu media penularan virus HPV yang paling umum adalah kebiasaan berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seksual. Kontak antar kulit juga bisa menyebabkan virus HPV masuk ke dalam tubuh. Walaupun terdengar menyeramkan, infeksi HPV adalah hal yang sangat umum dan paling tidak seseorang pernah terinfeksi virus ini sekali dalam hidupnya.

Selain virus HPV, ada beberapa penyebab minor yang dapat mengakibatkan terpicunya pembentukan sel-sel kanker. Kebiasaan merokok, obesitas, kehamilan muda, dan faktor genetik merupakan beberapa penyebab dari sel kanker yang masih sering luput dari perhatian masyarakat. Penyakit autoimun, infeksi virus HIV yang merusak sistem kekebalan tubuh, dan faktor genetik juga berperan terhadap pembentukan sel kanker serviks.

Waspadai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita | Breaktime
Penyebab kanker serviks pada wanita; apa saja?

Umumnya, penderita kanker serviks stadium awal tidak akan menunjukkan gejala-gejala yang mencolok karena memang sel kanker yang muncul belum terlalu banyak hingga mengakibatkan gangguan kesehatan. Hanya saja, ketika sel-sel tersebut sudah mulai berubah menjadi kanker, maka akan muncul beberapa gejala, antara lain:

  • Terjadinya pendarahan yang tidak wajar dari dalam vagina. B’Timers wajib waspada jika Anda mengalami pendarahan di luar masa menstruasi atau setelah Anda melakukan hubungan intim. Gejala pendarahan tersebut juga dapat muncul pada orang yang telah memasuki masa menopause.
  • Selain pendarahan, Anda juga merasakan sakit pada perut bagian bawah, atau tepat di area pelvis. Rasa sakit tersebut tentunya berbeda dari rasa kram yang dirasakan sebelum atau saat Anda mengalami menstruasi. Jika Anda merasakan sakit yang tidak wajar di area pelvis, segeralah memeriksakan diri ke dokter
  • Gejala lainnya adalah rasa sakit saat Anda berhubungan seks dan keluarnya cairan yang tidak lazim dari dalam vagina.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspadai Penyakit Thalasemia pada Anak

Kanker serviks sebenarnya bisa ditanggulangi semenjak dini. Salah satunya adalah dengan menjalani tes Pap Smear yang dilakukan secara berkala.Tes Pap Smear bertujuan untuk mendeteksi adanya perubahan awal terbentuknya sel-sel kanker, semakin cepat perubahan tersebut dideteksi maka tindakan pengobatan untuk mencegah kanker serviks pun dapat semakin cepat diberikan.

Selain itu, mendaftarkan diri untuk menerima vaksin HPV juga sangat dianjurkan. Vaksinasi HPV yang pertama umumnya dilakukan ketika Anda berusia kanak-kanak. Walaupun Anda masih dapat mendapatkan vaksin ini jika Anda berusia 26 tahun.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Kulit Pisang Untuk Gigi Cemerlang

Penyebab kanker serviks pada wanita memang sangat beragam, tapi yang jelas dengan tindakan preventif yang tepat, Anda bisa membentengi diri Anda dari ancaman kanker serviks. Jika bukan Anda sendiri yang peduli, lalu siapa? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE