Waspadai Kelebihan Vitamin E Pada Tubuh | Breaktime
Waspadai Kelebihan Vitamin E Pada Tubuh
13.11.2016

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar kesehatan kita bisa terus terjaga dan metabolism tubuh juga berjalan dengan baik. Banyak sekali vitamin yang dibutuhkan tubuh dan setiap vitamin tersebut memiliki perannya sendiri-sendiri untuk menjaga tubuh kita dalam keadaan yang optimal dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Jika tubuh kekuranagn salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk metabolisme pada tubuh tentu akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tubuh yang kekurangan vitamin akan mudah terserang penyakit. Salah satu vitamin yang juga penting untuk tubuh adalah vitamin E. jika tubuh kekurangan vitamin E salah satu dampaknya adalah imun tubuh menjadi menurun dan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Namun, tidak hanya kekurangan vitamin E yang dapat mengganggu kesehatan, kelebihan vitamin E juga bisa membuat tubuh menjadi tidak stabil dan menimbulkan efek yang buruk pada tubuh.

Kelebihan vitamin memang seperti hak yang tidak mungkin karena banyak orang yang lebih sering merasa bahwa asupan vitamin untuk tubuh mereka masih kurang sehingga perlu mengkonsumsi suplemen vitamin. Dari hal inilah tanpa disadari tubuh pun mengalami overdosis vitamin E karena terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen vitamin E. Perlu Anda ketahui vitamin E yang dibutuhkan tubuh kurang lebih berada di angka 400 sampai 800 UI (unit internasional), namun dengan mengkonsumsi suplemen banyak orang yang melewati dosis maksimal harian vitamin E yang dibutuhkan dalam tubuh dan mengeluhkan kesehatan tubuh yang terganggu. Hal ini dipicu dari kelalaian saat mengkonsumsi suplemen vitamin E sehingga mau tidak mau tubuh yang harus menerima akibatnya.

Waspadai Kelebihan Vitamin E Pada Tubuh | Breaktime
Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung vitamin E daripada suplemen

Kelebihan vitamin E sama halnya dengan kekurangan vitamin E yang berujung pada datangyna penyakit pada tubuh Anda. berikut ini adalah penyakit yang dapat muncul jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E:

  • Sakit kepala dan mual

Tubuh yang mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan akan memiliki kondisi yang tidak stabil karena berusaha lebih keras dalam mencerna vitamin E yang jumlahnya melebihi batas normal. Hal ini menyebabkan sakit kepala, mual, yang akan disusul dengan perut kembung bahkan diare.

  • Pembengkakan

Tidak hanya sakit kepala sampai gangguan pencernaan, tubuh yang mendapat vitamin E dalam jumlah berlebih akan mengakibatkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, Bagian tubuh yang bisa membengkak jika tubuh mengalami kelebihan vitamin E adalah bibir, lidah , dan wajah.

Waspadai Kelebihan Vitamin E Pada Tubuh | Breaktime
Osteoporosis salah satu dampak kelebihan vitamin E
  • Pendarahan

Hal yang paling mengerikan dari mengkonsumsi vitamin E berlebih adalah pendarahan. Pendarah ini bisa berujung pada kematian jika kelebihan vitamin E tidak segera ditangani dengan cepat dan baik.

  • Osteoporosis

Kelebihan vitamin E dapat membuat kesehatan tulang terganggu.  Dinyatakan pada salah satu penelitian di Inggris, kelebihan vitamin E dapat menyebabkan kekuatan tulang menjadi menurun atau menyebabkan tulang menjadi keropos.

Mengkonsumsi suplemen vitamin memang tidak ada salahnya namun akan lebih baik jika memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh melalui makanan yang alami seperti sayur dan buah sehingga tidak akan terjadi dampak buruk yang berujung pada kematian. Kekurangan vitamin memang tidak baik untuk kesehatan namun kelebihan vitamin pun juga memberikan dampak yang sama mengerikan dengan kekurangan vitamin. Jika Anda tidak ingin mengalami osteoporosis lebih baik Anda pastikan tubuh tidak kelebihan vitamin E dan lebih cermat lagi saat mengkonsumsi suplemen vitamin. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE