Waspadai Gejala Infeksi Ginjal! | Breaktime
Waspadai Gejala Infeksi Ginjal!
11.12.2016

Ginjal adalah organ dalam yang sangat penting karena ia berperan untuk menyaring zat-zat racun dalam darah dan membuang zat-zat racun tersebut dalam bentuk urine. Apabila terjadi gangguan pada ginjal, maka seluruh organ tubuh Anda pun akan terancam bahaya. Salah satu penyakit yang mengancam kesehatan ginjal adalah infeksi ginjal. Bagaimanakah gejala infeksi ginjal, dan langkah-langkah pengobatannya?

Penyakit infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri-bakteri yang masuk melalui saluran kelamin dan menginfeksi saluran kemih sebelum berlanjut dan menginfeksi organ ginjal. Penderita infeksi ginjal menunjukkan gejala-gejala tertentu dan semakin cepat penyakit Anda terdiagnosis maka akan semakin cepat pula proses perawatan Anda. Gejala-gejala infeksi ginjal pada umumnya ditandai dengan seringnya Anda buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, Anda akan merasakan sakit dan urine Anda memiliki bau yang berbeda dan tidak seperti biasanya. 

Baca juga : WASPADA! INI TANDA GINJAL BERMASALAH WAJIB TAHU!

Selain itu, Anda juga kerap merasakan rasa sakit di bagian punggung atau di sekitar perut bagian samping. Gejala berikutnya adalah, Anda akan merasakan demam namun Anda justru merasa kedinginan sehingga membuat Anda menggigil. Gejala mual dan muntah, dan tidak jarang diare akan mengikuti dan mengakibatkan nafsu makan Anda merosot secara drastis. Stamina Anda pun akan menurun sehingga membuat Anda kerap merasakan kelelahan.

Penyakit infeksi ginjal pada umumnya menyerang kaum wanita, karena wanita memiliki saluran kencing wanita memiliki ukuran yang lebih pendek dibandingkan laki-laki. Namun infeksi ginjal juga dapat menjangkiti anak-anak. Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala seperti rewel, mengalami penurunan selera makan atau muntah-muntah, dan badan yang nampak lemas dan tidak berenergi maka ada baiknya Anda membawanya ke dokter. Selain itu, gejala-gejala penyakit infeksi ginjal pada anak-anak juga meliputi pertumbuhan tubuh anak yang tidak normal, anak lebih sering mengompol, terdapat darah di dalam urine dan bau urine yang berbeda dari biasanya serta sakit kuning. 

Waspadai Gejala Infeksi Ginjal!  | Breaktime
Sakit pada punggung adalah gejala infeksi ginjal

Bakteri penyebab terjadinya penyakit infeksi ginjal ini adalah bakteria E. Coli (Eschericia Coli) yaitu bakteri yang biasanya berada di usus besar manusia. Akan tetapi, karena suatu hal bakteri ini dapat terbawa dari anus ke saluran kencing dan menginfeksi kandung kemih dan merambah ke organ ginjal. Terdapat beberapa faktor yang dapat membawa bakteri ini ke kandung kemih, antara lain cara membasuh anus yang tidak benar setelah buang air besar atau kebiasaan melakukan anal seks. Sedangkan untuk anak-anak, mereka dapat menderita penyakit infeksi ginjal jika mereka lahir dengan kondisi medis tertentu. 

Baca juga : 3 MENU DIET TASTY UNTUK KESEHATAN GINJAL ANDA

Setelah Anda didiagnosis penyakit infeksi ginjal, dokter akan memberikan obat parasetamol untuk meredakan demam yang ditimbulkan oleh infeksi tersebut. Selain itu, Anda akan diberikan obat antibiotik yang berfungsi untuk membantu tubuh memerangi bakteri tersebut. Obat antibiotik tersebut antara lain ciprofloxacin atau coamoxiclav, sedangkan bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan Anda akan diberikan jenis obat antibiotik yang berbeda, yaitu cefalexin. Obat dalam bentuk pereda rasa sakit (painkiller) akan dilarang penggunaannya, karena obat tersebut hanya akan meredakan rasa sakit tetapi tidak mengeliminasi bakteri penyebab infeksi tersebut. Selain itu, penggunaan obat painkiller yang berlebihan juga beresiko memperparah keadaan ginjal.

Anda juga wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan atau meminum air yang banyak untuk membantu ginjal mengeliminasi bakteri tersebut. Selain itu, Anda juga diharapkan untuk menjaga agar tubuh tidak kelelahan. Istirahat yang cukup akan membantu proses pemulihan Anda. Akan tetapi, jika dalam waktu 1x24 jam keadaan Anda belum membaik terlepas dari tindakan medis yang telah diambil, Anda perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

Demikianlah uraian mengenai gejala infeksi ginjal serta solusi pengobatannya. Jagalah higienitas organ kelamin Anda untuk menghindari penyakit ini. (DKP)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE