Waspadai Gejala Batu Ginjal Yang Menyerang Tubuh | Breaktime
Waspadai Gejala Batu Ginjal Yang Menyerang Tubuh
05.12.2017

Batu ginjal adalah sebuah penyakit yang ditunjukkan dengan adanya kandungan batu berbentuk kristal yang keluar bersamaan dengan urin. Batu ginjal bisa diderita oleh pria ataupun wanita, namun lebih banyak akan menyerang pria. Penyakit ini jelas menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman oleh para penderitanya. Sehingga mereka memang harus mendapatkan perawatan batu ginjal. Meski begitu, batu ginjal termasuk penyakit yang bisa diobati. Namun, B’timers juga harus menerapkan gaya hidup ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’. Satu hal penting yang paling umum untuk mencegah sakit ini adalah tidak menahan kencing, banyak minum air putih, dan mengonsumsi makanan sehat.

Gejala batu ginjal tidak akan terasa jika ukuran batu relatif kecil dan bisa keluar dari saluran kemih bersamaan dengan aliran urine dengan lancar. Gejala baru bisa dirasakan apabila batu tertahan di dalam ginjal, batu berukuran terlalu besar melewati ureter, atau batu ginjal menyebabkan infeksi. Ketika batu ginjal yang besar melewati ureter, batu tersebut akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan berisiko melukai. Ini sebabnya kadang-kadang urine bisa mengandung darah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Batu Ginjal dari Pola Hidup Sehari-hari

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa batu ginjal bisa disembuhkan, tetap saja Anda harus rela berhenti sementara mengonsumsi makanan yang tidak disarankan. Pantangan penyakit batu ginjal mungkin akan sedikit menyiksa. Seperti mengurangi konsumsi kacang-kacangan, tomat, dan sayuran berwarna hijau gelap yang bisa memproduksi asam oksalat tinggi. Makanan yang mengandung asam oksalat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan berbahaya bisa mengikat kalsium.

Daging merah juga harus dihindari karena mengandung protein tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Pemecahan protein menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras. Hal ini juga berlaku pada ikan. Selain protein, kalsium pada susu juga meningkatkan resiko batu ginjal. Dan yang terakhir adalah minuman berkafein.

Waspadai Gejala Batu Ginjal Yang Menyerang Tubuh | Breaktime
Menghindari beberapa makanan tertentu untuk mengobati batu ginjal
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hati-Hati Ladies, Ini Bahaya Minum Kopi!

Jika Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut akan timbul gejala umum para penderita batu ginjal. Apa saja, ya? Gejala yang paling umum adalah rasa nyeri di bagian perut samping, punggung bawah, pinggang, selangkangan, atau bahkan testis.

Gejala lainnya seperti frekuensi buang air kecil yang meningkat, rasa sakit saat buang air kecil, warna urin yang keruh, beraroma tidak sedap, mual, muntah, gelisah, hingga sulit beristirahat. Batu ginjal yang tersangkut di ureter dan membuat aliran urine tidak lancar bisa menyebabkan penumpukan kotoran. Penumpukan kotoran ini bisa menyebabkan perkembangbiakan bakteri yang akhirnya dapat berakibat ke infeksi ginjal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Terserang HIV

Jika B’timers mengalami infeksi ginjal, maka akan muncul gejala-gejala baru, seperti demam, badan lemas, tubuh terasa dingin hingga menggigil, dan diare. Jadi, untuk mencegah terserang batu ginjal, mulai hidup sehat dan menyeimbangkan pola makan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE