Waspadai Ciri Penyakit Thalasemia | Breaktime
Waspadai Ciri Penyakit Thalasemia
22.11.2016

B’Timers, apakah Anda pernah mendengar nama penyakit thalasemia? Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang mempengaruhi produksi hemoglobin menjadi sangat rendah dan memperpendek umur eritrosit. Sedangkan Anda tentu mengerti fungsi dari hemoglobin adalah sebagai sarana pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Dan dengan rendahnya kandungan hemoglobin dalam darah, maka akan mempengaruhi pasokan oksigen ke seluruh tubuh dan mengakibatkan penderitanya mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Tetapi, bagaimana sih ciri penyakit thalasemia?

Baca juga : BENARKAN DI KAMBOJA ADA “IKAN BESI” YANG BISA ATASI ANEMIA?

Ciri penyakit thalasemia cenderung beragam, bahkan ada beberapa penderita thalasemia yang tidak menunjukkan gejala-gejala telah terjangkit penyakit tersebut. Muncul tidaknya gejala penyakit tersebut bergantung pada tingkat keparahan dari penyakit itu sendiri. Berikut adalah penjelasan-penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dari penyakit thalasemia.

Waspadai Ciri Penyakit Thalasemia | Breaktime
Ciri penyakit thalasemia terdiri dari beberapa tingkat.
  • Thalasemia ringan (alpha Thalasemia)

Penderita penyakit thalasemia ringan atau yang lebih dikenal dengan alpha thalasemia sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala penyakit yang Anda idap. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah protein alpha globin yang sedikit rendah sehingga sama sekali tidak mempengaruhi produksi hemoglobin

  • Thalasemia ringan (Alpha/Beta Thalasemia)

Penyandang penyakit thalasemia sedang pada umumnya menderita gejala-gejala anemia ringan. Gejala tersebut mengakibatkan Anda mudah merasa lelah karena pasokan oksigen yang berkurang. Akan tetapi, dikarenakan kurangnya kemunculan gejala-gejala yang lain orang-orang dan tenaga medis sering mendiagnosa penderita thalasemia sedang ini sebagai penderita anemia

  • Beta Thalasemia Sedang

Bagi penderita beta thalasemia sedang, Anda akan menunjukkan beberapa gejala gangguan kesehatan, antara lain fase pertumbuhan yang lambat, dimana dalam hal ini Anda juga mengalami keterlambatan dalam fase pubertas. Tulang dari penderita thalasemia pun akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah akibat sumsum tulang yang membesar. Selain itu, limpa Anda pun akan turut membengkak, karena organ tersebut harus bekerja dua kali lebih keras untuk memerangi infeksi dan mengeliminasi material-material asing di dalam tubuh. Dan apabila limpa tersebut terlampau membengkak, Anda harus menjalani operasi pengangkatan limpa.

  • Thalasemia Parah

Bagi Anda yang menderita penyakit thalasemia stadium tertinggi, Anda akan memiliki wajah yang pucat dan mudah lelah, diakibatkan pasokan oksigen yang berkurang di dalam tubuh. Selain itu, Anda juga akan mengalami masalah dengan nafsu makan. Nafsu makan Anda berkurang yang mengakibatkan tubuh tidak memperoleh nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan.

Urine Anda akan berwarna sangat gelap sebagai akibat dari sel-sel darah merah yang rusak. Anda akan menderita penyakit kuning dimana kulit dan bagian sklera mata (bagian putih pada mata) akan berubah warna menjadi kuning yang disebabkan oleh penumpukan bilirubin dalam organ hati. Anda juga akan mengalami perubahan struktur tulang wajah, dimana sumsum tulang yang terdapat pada tulang wajah Anda akan melebar dan mengakibatkan wajah Anda menjadi bengkak. Selain itu, Anda akan mengalami berbagai macam gejala yang ditampilkan oleh penderita thalasemia sedang.

Demikian adalah ciri penyakit thalasemia. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Dengan kata lain, jika Anda dan pasangan Anda merupakan pembawa gen thalasemia, maka besar kemungkinan Anda akan turut menurunkan gen tersebut kepada anak Anda. Apabila Anda menemukan bahwa pada garis keturunan keluarga Anda terdapat gen pembawa penyakit thalasemia, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Anda akan diminta untuk melalui beberapa rangkaian tes yang meliputi hematologi, evaluasi sediaan hapus darah tepi, feritin, analisis hemoglobin, dan bahkan pemeriksaan DNA/sitogenetika jika diperlukan. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE