Waspadai Ciri-ciri Kanker Payudara Pria | Breaktime
Waspadai Ciri-ciri Kanker Payudara Pria
01.11.2017

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ingin dihindari setiap orang. Beberapa jenis kanker memang hanya menjangkiti jenis kelamin tertentu, sebut saja kanker rahim pada wanita maupun kanker testis dan buah zakar pada pria. Stereotype yang beredar di sekitar kejadian kanker payudara umumnya dipercaya hanya menjangkiti wanita dengan jaringan payudara yang normalnya lebih besar daripada pria. Dengan demikian, banyak pria yang meremehkan ciri-ciri kanker payudara pria dan menganggap bahwa risiko kanker payudara hanya menjadi momok yang perlu ditakuti kaum hawa.

Faktanya, kanker payudara mungkin terjadi pada sebagian pria lanjut usia di atas 60 tahun meski dengan risiko yang cukup kecil yakni 1 dari 1.000. Meski mayoritas pria terlahir dengan jaringan payudara kecil, kanker payudara bisa timbul berupa benjolan keras di salah satu sisi dada. Benjolan yang biasa timbul di bagian belakang puting tersebut tidaklah terasa sakit dan cenderung diabaikan oleh kaum adam yang menganggap kanker payudara secara eksklusif hanya menyerang wanita. Faktor usia merupakan salah satu ciri utama terjangkitnya kanker payudara pada pria, meski memburuknya gaya hidup dan polusi di perkotaan memicu usia terjadinya kanker payudara yang kian bertambah muda.

Faktor genetis juga disebut sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya kanker payudara, meski 80% dari kasus kanker payudara terjadi pada pasien yang tidak memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga. Selain berusia lanjut, pria yang mengalami obesitas dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih memiliki kecenderungan terkena kanker payudara yang lebih tinggi daripada pria dengan bobot dan indeks massa tubuh ideal. Pertumbuhan jaringan payudara pria yang juga mengalami pertumbuhan menyebabkan pria juga terkena risiko kanker payudara meskipun jauh lebih kecil daripada wanita. 

Waspadai Ciri-ciri Kanker Payudara Pria | Breaktime
Kanker payudara merupakan penyakit mematikan yang menyerang wanita maupun pria

Ciri-ciri kanker payudara pria bisa dilihat dari pembesaran payudara pria yang tidak wajar. Pria juga dapat melakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa benjolan dan pembengkakan pada payudara merupakan hal yang wajar dan bukanlah indikator timbulnya kanker payudara. Melalui pemeriksaan medis, B’timers bisa mengetahui adanya membran sel yang mengandung reseptor estrogen sehingga berisiko terkena kanker payudara. Gaya hidup tak sehat seperti minum alkohol, merokok, maupun sering mengkonsumsi daging merah merupakan berbagai hal yang sebaiknya dihindari agar Anda tidak mengalami risiko kanker payudara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut

Selain melakukan deteksi gejala kanker payudara melalui SARARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), yakni meraba payudara secara rutin untuk mengetahui adanya benjolan pembengkakakan tidak wajar, ada berbagai hal yang dapat mengindikasi kanker payudara pada pria. B’timers sebaiknya segera memeriksakan diri ke ahli onkologi untuk mendeteksi kanker sejak diri apabila payudara Anda mengalami masalah yang berhubungan dengan puting, seperti timbulnya koreng atau keluarnya cairan. Ketika puting Anda berdarah serta mengeluarkan cairan berwarna merah atau menyerupai air susu, Anda perlu waspada bahwa kanker payudara Anda telah memasuki stadium lanjut dan berbahaya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini

Pertumbuhan sel kanker secara umum akan mengganggu fungsi tubuh sehingga B’timers yang tanpa sepenhgetahuan Anda telah terjangkit kanker biasanya akan mudah merasa lelah dan lemah hingga cenderung sering mengalami dehidrasi.  Asupan makanan yang Anda konsumsi pun tidak dapat tersecap maksimal sehingga penderita kanker payudara akan mengalami penurunan nafsu makan sekaligus berat badan yang berkurang drastis. Sel kanker yang teramat aktif selanjutnya akan menyebar dari jaringan payudara dan menyerang bagian tubuh lainnya seperti prostat maupun hati. Seiring meningkatnya keparahan kanker payudara yang dialami, penderita akan mendapati perubahan tekstur payudara seperti kulit di sekitar puting yang bersisik kemerahan, terasa gatal, hingga putting yang perlahan melesak ke dalam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tanda-Tanda Vertigo, Benarkah Vertigo Penyakit?

Tentunya, beberapa pria memiliki kecenderungan untuk mengalami pembesaran jaringan payudara yang disebabkan oleh kondisi gynaecomastia atau yang populer dinamakan male boobs, dan hal tersebut bukanlah salah satu ciri-ciri kanker payudara pria yang perlu dikhawatirkan. B’timers sebaiknya jangan lupa secara rutin melakukan deteksi dini terhadap gejala kanker payudara ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE