Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok | Breaktime
Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok
27.11.2017

Kanker adalah jenis penyakit yang menjadi momok sampai kapanpun, bahkan ketika ilmu kedokteran modern sudah jauh lebih maju dibandingkan puluhan tahun lalu. Penyakit kanker disebabkan oleh sel-sel tubuh yang berubah menjadi ganas dan memperbanyak diri dengan cara menginfeksi sel-sel tubuh yang sehat. Hampir semua jenis kanker apabila terlambat ditanggulangi dapat menjadi kanker ganas yang mengancam nyawa, salah satunya adalah kanker paru-paru. Kanker yang menyerang bagian organ pernapasan ini seringkali ditemukan pada perokok aktif. Tapi ternyata jikapun Anda bukan seorang perokok, Anda tetap dapat terkena penyakit ini. Apa saja ya penyebab kanker paru-paru selain merokok?

Penyebab kanker paru-paru selain merokok yang pertama adalah jika Anda merupakan seorang perokok pasif. Menurut organisasi American Cancer Society, sebanyak 7,000 orang dewasa meninggal dunia akibat kanker paru-paru setiap tahunnya. Twist di balik peristiwa tersebut adalah mereka semua sama sekali tidak memiliki kebiasaan merokok. Belakangan diketahui bahwa ternyata mereka merupakan perokok pasif, atau orang yang terekspos oleh asap rokok dari perokok pasif.

Dibandingkan dengan perokok aktif, zat racun yang diterima oleh perokok pasif jauh lebih banyak karena mereka juga menghirup zat karbondioksida dari perokok aktif. Sehingga semakin sering mereka terkena asap rokok, maka akan semakin besar pula resiko mereka terserang kanker paru-paru. Jika Anda berada di situasi dimana Anda menghindar dari perokok, maka beruntunglah Anda. Tapi tentu ada kesempatan dimana Anda berada di situasi dimana Anda tidak dapat menghindar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan

Ditambah lagi tidak semua perokok menyadari bahwa kebiasaan buruknya tersebut tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan dirinya sendiri tapi juga terhadap kesehatan orang lain. Maka dari itu, sangatlah penting bagi pemerintah untuk menggalakkan peraturan ketat terhadap orang-orang yang merokok di fasilitas umum.

Dan sama seperti asap rokok, asap dari kendaraan juga berpotensi sangat besar dalam memicu terjadinya kanker paru-paru. Asap kendaraan bermotor mengandung zat pembakaran yang disebut dengan zat karsinogen. Zat polutan ini mengandung partikel-partikel radikal bebas yang apabila terhirup masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang besar akan memicu munculnya sel-sel radikal cikal bakal penyakit kanker. 

Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok | Breaktime
Polusi penyebab kanker paru-paru selain merokok

Tidak hanya dari asap kendaraan saja, limbah asap yang dihasilkan pabrik-pabrik industri pun mengandung kadar karsinogen yang cukup besar. Dan walaupun kita tidak mungkin menutup semua pabrik atau memboikot penggunaan kendaraan bermotor, paling tidak mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan menyediakan taman kota penuh dengan pepohonan hijau bisa meminimalisir konsentrasi zat karsinogen di udara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas! Ini Bahaya Batu Ginjal pada Wanita

Exposure berlebihan terhadap gas Radon juga dapat mengakibatkan kanker paru-paru. FYI, Radon adalah salah satu jenis gas radioaktif yang secara alami bisa ditemukan di dalam tanah, batu, dan air. Dalam kadar tertentu, radon bukanlah zat yang berbahaya. Namun, ada kalanya gas ini terakumulasi dan terkonsentrasi pada satu area yang didirikan bangunan di atasnya. Penyebab dari akumulasi zat gas tersebut biasanya terjadi pada rumah atau bangunan yang tidak memiliki sistem ventilasi yang memadai.

Gas radon tidak memiliki warna dan tidak berbau, sehingga akan sangat sulit untuk mendeteksi ada-tidaknya konsentrasi zat tersebut di dalam rumah Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah melalui alat pendeteksi gas radon yang dijual di toko bangunan. Untuk mencegahnya, pastikan bahwa pada desain rumah Anda memiliki sistem ventilasi yang bagus dengan jumlah lubang ventilasi dan jendela yang memadai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

Faktor genetik pun turut memainkan peran sebagai penyebab kanker paru-paru selain merokok. Jika Anda memiliki kerabat dekat dengan riwayat penyakit kanker paru-paru, resiko Anda terserang penyakit yang sama pun akan meningkat. Untungnya, Anda masih dapat menekan resiko tersebut dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE