Yuk Waspada Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini | BREAKTIME
Waspada Penyakit Ginjal Sejak Dini
05.02.2015

Kematian yang terjadi akibat penyakit ginjal kronis seringkali disebabkan karena ketidakwaspadaan terhadap gejala-gejala awal penyakit ginjal. Padahal jika ditangani sejak dini, kemungkinan untuk bertahan dari penyakit satu ini akan lebih besar.

Untuk berjaga-jaga agar kesehatan Anda tak terenggut oleh penyakit ini, kenali dulu beberapa gejala awalnya berikut ini:

Perubahan pada urine

Jika terjadi perubahan pada urine, Anda wajib waspada. Setelah sering buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya, urine akan berubah warna menjadi kecokelatan dengan jumlah yang sedikit. Jika sudah parah, tak jarang jika urine keluar disertai dengan darah.

Terjadi pembengkakan

Orang yang mengidap penyakit ginjal bisanya mengalami pembengkakan pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, ankles, jari-jari kaki, siku, atau wajah. Oleh sebab itu, penderita akan sering merasa lelah meskipun hanya melakukan hal-hal yang sederhana seperti berjalan beberapa meter, naik tangga, atau bersepeda ringan.

Fatigue

Ginjal yang sehat dan normal akan memproduksi hormone erythropoietin atau EPO. Hormon ini berfungsi meningkatkan kinerja sel darah merah (eritrosit) untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Gagalnya fungsi ginjal tentunyan akan menyebabkan aliran oksigen ke seluruh tubuh terhambat termasuk ke otak sehingga akan mengakibatkan fatigue yang menyebabkab otak dan otot mudah lelah.

Mual dan Muntah

Gejala  lain yang mesti Anda waspadai adalah sering timbulnya rasa mual yang diikuti dengan. Ini disebabkan oleh gagalnya ginjal untuk menyaring kotoran yang ada dalam darah sehingga limbah dalam darah turut dialirkan ke seluruh tubuh. Tidak mampunya ginjal menyaring uremia juga menyebabkan napas menjadi bau dan lidah terasa pahit.

Jika tanda-tanda tersebut mulai B’timers rasakan, mulailah waspada. Segeralah periksakan diri ke dokter ahli agar penyakit yang terdeteksi segera mendapat penanganan dan tidak bertambah parah.

Share This Article