Waspada Kolesterol Tinggi, Penyakit Kronis Mengintai | Breaktime
Waspada, Kolesterol Tinggi Tingkatkan Serangan Jantung hingga 40%
12.08.2015

Tidak hanya orang lanjut usia saja yang harus waspada terhadap kolesterol jahat, B’timers yang masih berusia mudah juga perlu berhati-hati. Anggapan yang berkembang saat ini bahwa kolesterol hanya berbahaya untuk mereka yang telah lanjut usia, telah dipatahkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Michael Pencina, seorang profesor biostatika dari Duke University Clinical Research Institute.

Pencina mengatakan bahwa mereka yang masih berusia muda, juga berisiko terserang berbagai penyakti mematikan akibat tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika peningkatan kolesterol terus berlanjut, bisa terjadi penyumbatan pada bagian jantung dengan persentase risiko sebesar 40%. Dan setelah menyumbat jantung, risiko kematian menjadi semakin tinggi.

Nah sebenarnya, apa saja faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah? Ini dia informasinya:

Genetik

Pada kebanyakan kasus, tingkat kolesterol yang tinggi pada anak muda disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi, perlu untuk berhati-hati. Hindari makanan-makanan tidak sehat yang bisa picu kolesterol dengan drastis.

Obesitas atau kegemukan

Kegemukan juga faktor yang memicu tingginya kolesterol tubuh
Kegemukan juga faktor yang memicu tingginya kolesterol tubuh

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, berhati-hatilah karena kolesterol tinggi penyebab berbagai penyakit kronis sedang mengintai Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengurangi berat badan dengan melakukan diet sehat dan seimbang. Kurangi berbagai makanan pemicu kolesterol tinggi seperti halnya junk foods, olahan daging, santan, dan juga gorengan.

Kurang olahraga

Bermalas-malasan dan kurang olahraga picu kenaikan kolesterol tubuh
Bermalas-malasan dan kurang olahraga picu kenaikan kolesterol tubuh

Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar televisi adalah hal yang sangat mengancam kesehatan. Daripada tidak melakukan apa-apa dan organ tubuh menjadi pasif, lebih baik Anda berolahraga untuk menghindari penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu lakukanlah olahraga yang rutin minimal 30 menit selama 3 kali dalam seminggu. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang menyita waktu dan tenaga. Hanya dengan berjalan-jalan, bersepeda, atau bahkan naik-turun tangga, sudah membuat tubuh menjadi lebih aktif dan mengusir kolesterol jahat.

Share This Article