Waspada Karena Kolesterol Tinggi Menyebabkan Ini | Breaktime
Waspada Karena Kolesterol Tinggi Menyebabkan Ini
15.07.2017

Apakah dokter mengatakan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, B’timers? Well, Anda tak seorang diri, kok. Sekitar 100 juta orang Amerika didiagnosis memiliki kolesterol tinggi karena berbagai macam alasan yang menyebabkannya. Seperti dari riwayat keluarga hingga apa saja makanan ataupun minuman yang mereka makan selama ini.

Yang perlu Anda ketahui adalah apakah efek kolesterol tinggi pada tubuh Anda, B’timers. Tubuh Anda sebenarnya membutuhkan tingkat kolesterol yang normal untuk dapat bekerja dengan sempurna. Kolesterol adalah zat lemak yang dibuat oleh hati dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Proses tersebut memungkinkan tubuh memproduksi Vitamin D dan hormon, serta membentuk asam empedu.

Jika Anda memiliki angka kolesterol yang terlalu tinggi, artinya tubuh punya lebih banyak kolesterol yang sebenarnya tak terlalu mereka butuhkan. Kebanyakan orang yang didiagnosis memiliki kolesterol tinggi, tak menunjukkan gejala yang jelas, B’timers. Karena itu melakukan tes darah hanyalah satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh.

Di bawah ini adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui, seperti kolesterol tinggi menyebabkan apa saja. Simak jawabannya pada penjelasan di bawah ini, yuk, B’timers!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gaya Hidup Ini Dapat Mengobati Kolesterol Tinggi

Menurut penelitian yang telah lama dilakukan, jika seseorang memiliki kolesterol tinggi, akan sebabkan tingginya risiko penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung, serangan jantung hingga stroke, lho, B’timers. Dan untuk menurunkan risiko tersebut, sangat disarankan unruk melakukan perubahan dalam pola makan dan gaya hidup, seperti rutin olahraga.

Kolesterol bergerak melalui aliran darah Anda melalui lipoprotein. Dan di dalam tubuh terdapat 2 jenis lipoprotein yang sama-sama dibutuhkan tubuh. Low-density lipoproteins (LDL) mengangkut kolesterol ke tempat yang dibutuhkan. Jika ada terlalu banyak kolesterol, tubuh akan menyimpannya di arteri. LDL ini biasanya disebut juga sebagai kolesterol jahat. Berbeda dengan HDL atau high-density lipoprotein.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Black Tea: Obat Herbal Penurun Kolesterol

HDL bertugas untuk mengeluarkan kolesterol ekstra dari jaringan dan sel, lalu mengembalikannya ke hati untuk dibuang. Itulah sebabnya HDL dikenal juga dengan sebutan kolesterol baik, B’timers. Jika tubuh memiliki terlalu banyak LDL dan terlalu sedikit HDL, maka akan terjadi masalah.

Waspada Karena Kolesterol Tinggi Menyebabkan Ini | Breaktime
Kolesterol tinggi bisa menyebabkan serangan jantung. lho

Pada saat kolesterol tinggi menyebabkan begitu banyak penyakit berbahaya, tentunya Anda akan jauh lebih waspada terhadap penyebab yang dapat membuat kadar kolesterol meningkat secara drastis, kan, B’timers? Tingginya kadar LDL dapat menyebabkan meningkatnya plak atau sumbatan yang berasal dari campuran kolesterol, lemak dan elemen lainnya yang mengeras, lho!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbukti! Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol

Di saat arteri menyempit, maka akan menyulitkan darah membawa kolesterol baik menuju ke jantung Anda. Jika area plak semakin meningkat, maka akan mengakibatkan pembekuan darah yang selanjutnya bisa menghalangi aliran darah sama sekali, B’timers. Hal ini akan menempatkan Anda pada risiko besar terkena serangan jantung. Gejala berkurangnya asupan darah ke jantung bisa diketahui, kok.

Gejala berkurangnya suplai darah ke jantung akan menyebabkan rasa tidak nyaman di area dada, rasa tertekan hingga nyeri di dada. Anda mungkin juga bakal merasakan sakit di daerah rahang, leher, bahu, lengan ataupun punggung Anda, B’timers. Bahkan salah satu gejala tersebut dapat menjadi penyebab utama terjadinya gangguan pencernaan, lho, B’timers.

Apabila aliran darah ke satu bagian otot jantung terhambat, maka akan menyebabkan serangan jantung, yang menjadi tanda dari tubuh bahwa otot jantung sedang sekarat, B’timers. Yang mungkin tak banyak diketahui oleh orang adalah, kolesterol tinggi menyebabkan juga terganggunya suplai darah ke seluruh anggota tubuh lainnya, seperti tangan, ataupun kaki yang menyebabkan kematian jaringan. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE