Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu! | Breaktime
Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu!
29.11.2016

Dengan pola hidup yang semakin tidak sehat di era modern saat ini, membuat masalah kesehatan kita menjadi sangat terabaikan. Terlebih lagi untuk Anda yang sibuk bekerja, sehingga tidak memperhatikan waktu istirahat serta asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Selain dapat membuat  tubuh kehilangan staminanya, kesehatan Anda pun akan semakin menurun, lho, B’timers.

Nah, salah satu organ tubuh yang mendapatkan dampak buruk dari dianutnya gaya hidup yang tak sehat adalah ginjal, B’timers. Ya, menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, terbukti bahwa sekitar 26 juta penduduk dewasa menderita penyakit ginjal. Dan yang sangat mengejutkan, sebanyak 90 % dari mereka bahkan tak menyadari penyakit yang dideritanya.

Untuk mengantisipasi penyakit mematikan ini, sebaiknya perhatikan beberapa tanda ginjal bermasalah berikut ini, yuk, B’timers!

Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu! | Breaktime
Well, tak hanya orang tua saja yang bisa terkena penyakit ginjal

Tubuh merasa cepat lelah

Seperti yang kita ketahui, bahwa ginjal adalah organ yang memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam membuang racun dan kotoran di dalam tubuh. Dan ketika organ penting ini mengalami gangguan, maka yang terjadi adalah terjadi penumpukan racun dan zat-zat berbahaya dalam darah, Btimers. Akibat dari menumpuknya racun dalam tubuh adalah, tubuh Anda akan cepat lelah, tidak bertenaga dan sulit fokus.

Baca juga : SAKIT PINGGANG AKIBAT GINJAL, INI TANDA LAINNYA!

Kesulitan tidur berkualitas

Tidak sedikit orang yang mengaku merasa sangat sulit untuk tertidur meskipun tubuh merasa lelah dan seharian telah banyak melakukan aktivitas berat, lho. Nah, apabila Anda merasakan hal tersebut, sangat besar kemungkinannya Anda mengalami penyakit ginjal, B’timers. Selain itu, mereka yang mengalami obesitas juga terbukti memiliki kaitan erat dengan tanda ginjal bermasalah, lho.

Kulit terasa  kering dan gatal

Well, ternyata fungsi ginjal tidak hanya menyaring racun dan menyingkirkannya dari tubuh, B’timers. Ya, ginjal akan membersihkan kotoran, membantu produksi sel darah merah, membuat tulang tetap kuat dan menjaga kestabilan kandungan mineral di dalam tubuh. Coba perhatikan kondisi kulit Anda. Kulit yang kering bisa menjadi tanda ketidakseimbangannya kadar mineral dan nutrisi dalam tubuh.

Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu! | Breaktime
Waspada jika Anda sering buang air kecil di malam hari

Sering buang air kecil

Baru saja dari kamar kecil untuk buang air kecil, namun beberapa menit kemudian sudah merasa ingin buang air kecil lagi. Hal ini patut diwaspadai, B’timers. Terutama jika terjadi di malam hari. Karena hal ini dapat berarti fungsi penyaringan ginjal mengalami kerusakan. Dan pada pria, sering buang air kecil bisa berarti adanya gangguan saluran kemih atau prostat.

Urin bercampur dengan darah

Pernah panik ketika mendapatkan air kencing bercampur dengan darah, B’timers? Nah, jika ini terjadi , Anda harus mewaspadai, karena darah yang keluar bersama dengan urin bisa merupakan tanda ginjal bermasalah, lho. Karena ginjal yang sehat seharusnya dapat menahan sel darah merah tetap di dalam tubuh. Namun darah yang keluar bersama urin juga bisa berarti tumor, batu ginjal atau infeksi.

Air kencing tampak berbusa

Cobalah mulai sekarang Anda perhatikan kondisi air kencing. Jika urin yang keluar banyak mengandung busa, hal ini menandakan ada yang salah dari fungsi salah satu organ tubuh Anda, B’timers. Busa yang berlebihan dalam urin merupakan terkandungnya protein di dalam urin tersebut. Untuk diperhatikan, busa dalam urin ini teksturnya seperti telur yang sudah terkocok.

Baca juga : ALASAN MENGEJUTKAN MERASA PEGAL TIAP BANGUN TIDUR

Pembengkakan anggota tubuh

Ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik dapat melepaskan cukup banyak protein di dalam tubuh Anda. Dan hasilnya adalah terjadinya pembengkakan pada area mata. Tak hanya itu, menurunnya fungsi ginjal juga akan menyebabkan retensi sodium. Hal ini akan membuat kaki maupun engkel membengkak, B’timers.

Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu! | Breaktime
Anda kehilangan nafsu makan? Wah, segera konsultasikan, B’timers!

Kehilangan nafsu makan

Padahal biasanya Anda termasuk orang yang memiliki nafsu makan tinggi. Jika Anda mulai kehilangan nafsu makan, ini sudah merupakan gejala yang sangat umum dari adanya gangguan pada fungsi ginjal, B’timers. Penumpukan racun yang terjadi di dalam tubuh adalah salah satu penyebab dari hilangnya nafsu makan Anda, nih.

Tanda ginjal bermasalah yang lain dan perlu Anda waspadai adalah kram otot. Hal ini karena kekurangan elektrolit yang diakobatkan gangguanfungsi ginjal. Nah, apabila Anda mengalami salah satu dari tanda di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE