Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda | Breaktime
Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda!
20.12.2016

“Saya masih cukup muda, mustahil terkena serangan jantung!” Jika Anda merupakan salah seorang yang menganggap sakit jantung adalah penyakit orang tua, Anda salah besar, B’timers. Karena kenyataannya, penyakit ini bisa menyerang siapapun dan jenis kelamin apapun, lho. Bahkan remaja pun memiliki risiko yang sama tingginya dalam penyakit jantung, B’timers. Nah, untuk megantisipasi hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda ketahui beberapa penyebab sakit jantung di usia muda berikut ini, B’timers!

Sebelum mengupas penyebab sakit jantung di usia muda, Anda perlu mengenali ciri dan tanda penyakit jantung, B’timers. Salah satu tanda yang wajib kita waspadai adalah gejala sesak napas. Meski tak selalu sesak napas merupakan penyebab dari sakit jantung. Namun apabila serangan sesak napas tetap terjadi meskipun Anda sedang beristirahat, sebaiknya waspadai, B’timers.

Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda | Breaktime
Orang dengan tekanan hidup tinggi rentan pada serangan jantung

Pusing di kepala hingga hilang kesadaran, hal ini juga merupakan salah satu tanda dari sakit jantung yang wajib Anda ketahui, B’timers. Selain itu, tubuh yang mudah lelah disertai kepala pening yang disebabkan kurangnya pasokan darah di dalam tubuh, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda penyakit jantung lain dan perlu diwaspadai. Untuk mengatasinya adalah dengan rutin berolahraga.

Baca juga : GEJALA PENYAKIT JANTUNG INI WAJIB ANDA WASPADAI!

Coba perhatikan, jika Anda mengalami gangguan sistem pencernaan, seperti mudah mudah, mual dan masalah serta kesulitan buang air besar, hal ini karena terjadinya penyumbatan saluran arteri di dalam tubuh karena menumpuknya lemak. Lebih lanjut hal tersebut akan mengakibatkan berkurangnya suplai darah yang menuju jantung, sehingga mneyebabkan rasa tidak nyaman di perut Anda.

Keringat berlebih juga bisa jadi merupakan salah satu tanda dari sakit jantung yang wajib Anda ketahui, B’timers. Nah, keringat berlebih ini tidak terjadi di seluruh bagian tubuh, melainkan hanya di beberapa area saja, seperti di tangan, kaki, ketiak maupun wajah. Tanpa adanya hal maupun kondisi khusus, jika keringat berlebih terjadi di area ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda | Breaktime
Kebiasaan hidup tak sehat,s eperti merokok meningkatkan risiko

Nah, berikut ini beberapa penyebab sakit jantung di usia muda yang perlu Anda ketahui, B’timers!

  • Tidak pernah atau sangat jarang melakukan latihan fisik
  • Kebiasaan tidur malam yang tidak teratur
  • Kurangnya asupan serat dari buah dan sayuran
  • Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh
  • Sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol
  • Kebiasaan makan makanan tinggi garam
  • Dan kebiasaan hidup tak sehat lainnya, seperti merokok dan minum minuman alkohol
  • Suka mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula

Baca juga : CATAT! PERTOLONGAN PERTAMA SERANGAN JANTUNG INI!

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika penyakit jantung kini menyerang orang muda juga, B’timers. Dari penelitian terbaru, terbukti penyumbatan arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol merupakan penyebab utama sakit jantung di usia muda. Penelitian lain, menemukan orang berusia 30 – 34 tahun memiiki plak dalam arteri yang merupakan tanda awal dari sakit jantung, lho.

Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda | Breaktime
Luangkanlah waktu Anda untuk latihan fisik secara rutin, B’timers!

Selain itu, pria memiliki risiko 2 kali lebih besar dalam mengalami penyumbatan karena terjadinya plak di dalam arteri, jika dibandingkan wanita dalam rentang usia yang sama. Penyebab utama terjadinya penyubatan arteri adalah obesitas dan tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Penyebab lain, seperti merokok, tekanan darah dan kadar HDL atau kolesterol baik pun meningkatkan risiko itu.

Untuk mengatasi sakit jantung di usia muda, orang dengan usia di awal 20-an sudah harus melakukan pemeriksaan terhadap kadar kolesterol. Hal ini dimaksudkan agar mereka mengetahui apakah kadar kolesterol mereka masih di dalam angka yang disarankan, B’timers. Nah, setelah mengetahui penyebab sakit jantung di usia muda, Anda masih mengabaikan serangan jantung, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE