Waspada dan Cegah Nyeri Lutut dengan Tips Ini | Breaktime
Waspada dan Cegah Nyeri Lutut dengan Tips Ini
21.02.2016

Nyeri pada lutut tidak bisa dianggap enteng begitu saja. Biasanya nyeri lutut memang sering ditemui pada orang-orang yang sudah lanjut usia akibat pengikisan sendi. Meskipun B’timers masih muda, bukan berarti Anda terbebas dari ancaman nyeri lutut. Sebelum hal tersebut Anda alami, cegah nyeri lutut dari sekarang dengan tips dari Breaktime ini.

1. Kurangi berat badan Anda

Bayangkan B’timers membawa sekarung beras seberat 15 kilogram berjalan kaki, tentunya punggung serta lutut Anda akan terasa nyeri. Nah, begitulah gambaran dari orang yang kelebihan berat badan. Sebagai sendi terbesar dalam tubuh, lutut memiliki tugas yang sangat berat yaitu menopang berat tubuh Anda. Jika B’timers masuk dalam kategori overweight bahkan obesitas, sebaiknya Anda mulai mengurangi berat badan dengan melakukan diet sehat dan olahraga teratur. 

Waspada dan Cegah Nyeri Lutut dengan Tips Ini | Breaktime
Kurangi beban lutut dengan berdiet

2. Tegakkan postur tubuh saat berdiri

Postur tubuh memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan lutut Anda. Berjalan dengan postur membungkuk justru menekan sendi lutut dan menambah nyeri. Cegah dengan berlatih melakukan postur berjalan dan berdiri yang tepat. Yoga dan pilates bisa jadi salah satu alternatif untuk meluruskan tulang punggung Anda. Selain itu, plank dan back extensions juga membantu. Lakukan rutin selama 20 menit sehari maka postur Anda akan membaik.

3. Rutin lakukan stretching

Mayoritas gerakan stretching adalah pada otot-otot persendian agar siap untuk melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan angkat beban. Sayangnya stretching seringkali dianggap tidak penting padahal mampu mencegah terjadinya cidera. B’timers bisa melakukan pemanasan selama 10-15 menit dengan berjalan kaki atau jogging perlahan. Anda juga bisa melakukan berbagai gerakan seperti step-up, butterfly stretch, dan straight-leg lift untuk melindungi lutut dari risiko cidera saat beraktivitas.

Waspada dan Cegah Nyeri Lutut dengan Tips Ini | Breaktime
Regangkan selalu otot Anda sebelum memulai aktivitas

4. Tetap berolahraga meskipun nyeri

Berolahraga adalah obat sederhana dari seluruh penyakit yang ada. Cegah nyeri lutut dengan melakukan olahraga untuk melatih lutut agar tidak manja dengan adanya cidera. Hal terpenting yang perlu B’timers catat adalah Anda harus tahu kemampuan dari dalam diri Anda. Hindari melakukan angkat beban yang berlebihan. Jika B’timers mengalami cidera, sebaiknya Anda tetap berolahraga dengan berjalan kaki ringan, stationary bike, atau water-aerobic.

5. Get a pair of comfy shoes

Alas kaki berfungsi untuk melindungi kaki dari kerikil tajam dan kotoran yang ada di jalan. Dengan semakin majunya dunia, semakin beragam pula alas kaki yang bisa B’timers kenakan. B’timers sebaiknya memilih alas kaki yang datar dan permukaan telapak kaki yang sejajar. Alas kaki seperti high heels yang menyebabkan tumit terangkat justru memberikan tekanan lebih pada area lutut Anda.

Waspada dan Cegah Nyeri Lutut dengan Tips Ini | Breaktime
Hindari penggunaan high heels terlalu sering

Lutut merupakan salah satu investasi B’timers untuk masa tua Anda. Maka dari itu, cegah nyeri lutut dengan melakukan olahraga rutin dan berdiet sehat. Lakukan hal itu bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk Anda sendiri. Semoga berhasil, B’timers! (ft)

Share This Article