Waspada! 10 Hal Sepele inilah Penyebab Migrain | Breaktime
Waspada! 10 Hal Sepele inilah Penyebab Migrain
01.03.2016

Ouch, migrain! Seringkah Anda mengalaminya, B’timers? Migrain biasanya didahului dengan tanda-tanda seperti kilatan cahaya, kesemutan di lengan dan kaki, mual hingga muntah. Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui secara pasti, apa yang menyebabkan timbulnya migrain. Namun, berikut 10 hal sepele penyebab migrain, yang mungkin banyak dari kita tidak menyadarinya, B’timers.

  • Tidur

Melewatkan tidur memang dapat menyebabkan sakit kepala. Otak menyukai rutinitas, dan itu termasuk jadwal tidur kita, B’timers. Terlalu banyak atau sedikit tidur dapat memicu serangan migrain. Karena itu usahakan untuk pergi tidur dan bangun di jam yang sama, bahkan akhir pekan sekalipun.

  • Stres

Sangat masuk akal, jika stres merupakan pemicu migrain bagi banyak orang. Tapi ternyata, keadaan setelah stres berakhir itu juga dapat menyebabkan migrain, lho, B’timers! Anda sering mengalami sakit kepala pada hari pertama setelah liburan? Perubahan kimia dalam tubuhlah penyebabnya.

  • Hujan

Meskipun belum pernah ada penelitian yang menghubungkan antara sakit kepala dengan cuaca, banyak pasien yang mengeluhkan migrain ketika hari-hari hujan. Terdengar aneh, ya, B’timers? Namun, coba perhatikan, mungkin inilah sebabnya Anda merasakan sakit kepala ketika sedang turun hujan.

Waspada! 10 Hal Sepele inilah Penyebab Migrain | Breaktime
Hujan dapat meresonansi masa lalu
  • Perubahan hormonal

Penurunan kadar estrogen tampaknya memicu sakit kepala pada wanita. Selain itu, pada masa kehamilan atau menopause juga memperbesar resiko migrain. Jika Anda mengonsumsi kontrasepsi oral atau melakukan terapi penggantian hormon, hal ini akan memperburuk migrain.

  • Makanan

Wine, cokelat dan keju adalah ladang ranjau untuk penderita migrain. Diketahui makanan yang mengandung tyramine dan tannin, seperti keju dan olahan daging babi, dapat menyebabkan migrain. Bahkan kandungan MSG, aspartame dan nitrit bisa menjadi salah satu dari 10 hal sepele penyebab migrain.

Baca juga : Cara Mudah Cegah Migrain, Ini Tipsnya

  • Parfum

Sejumlah rangsangan sensorik, seperti aroma yang terlalu kuat, cahaya terang, dan suara bising bisa memicu sakit kepala. Karena itu, usahakan untuk mengenakan kacamata hitam jika keluar rumah, dan pilih parfum yang baunya tidak terlalu menyengat, ya?

Waspada! 10 Hal Sepele inilah Penyebab Migrain | Breaktime
Semprotkan parfum pada pergelangan tangan
  • Kopi

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, B’timers. Meskipun Anda pecinta berat kopi, tidak berarti sepanjang minggu harus meneguk minuman berkafein ini, kan? Batasi asupan kopi sebanyak 200 mg atau secangkir saja setiap harinya, atau Anda harus bersahabat dengan migrain.

  • Happy hour

Tubuh mengubah alkohol menjadi asetat, yang dapat menyebabkan migrain. Bahkan beberapa jenis minuman beralkohol berwarna gelap lainnya, seperti tequila dan bourbon dapat memperburuk kondisi Anda penderita migrain, lho, B’timers.

  • Seks

Aktivitas fisik termasuk berhubungan seks, sayangnya dapat memicu sakit kepala. Namun kabar baiknya, dengan teratur mengeluarkan keringat akan membantu mengurangi resiko serangan migrain. Olahraga teratur, seperti jogging, bersepeda atau berenang, dapat menjadi obat penghilang rasa sakit alami.

  • Melewatkan makan siang

Jika Anda sering melewatkan makan siang atau melakukan diet ekstrim, wah, artinya harus lebih waspada, lho, B’timers. Migrain disebabkan karena rendahnya kadar glukosa di dalam tubuh kita. Usahakan makan secara teratur untuk menghindari sakit kepala, ya, B’timers.

Nah, setelah mengetahui 10 hal sepele penyebab migrain tadi, Anda bisa lebih berhati-hati lagi, ya, B’timers untuk mengurangi resiko timbulnya sakit kepala yang sangat mengganggu tersebut. (NO)

Share This Article