Wasit Tinju Legendaris Frank Cappuccino Meninggal Dunia | Breaktime
Wasit Tinju Legendaris Frank Cappuccino Meninggal Dunia
09.06.2015

Frank Capcino Wasit Tinju Legendaris

Seorang wasit tinju dunia yang dedicated dan sangat terkenal, Frank Cappuccino, telah menghembuskan nafas terakhir pada 8 Juni di usianya yang ke-86. Wasit legendaris ini lahir pada 7 Februari 1929, dan memiliki nama kecil Frank Capcino, B’timers. Ia besar di daerah Kensington, Philadelphia. Dulunya, ia merupakan seorang petinju amatir.

Capcino dan kakak laki-lakinya menjadi petinju amatir pada tahun 1940-an. Namun, pada 1949 ia akhirnya beralih menjadi petinju profesional dan pernah bertinju sebanyak tiga kali dalam karir profesionalnya. Capcino sukses memenangkan ketiga pertandingan tersebut lewat 4 ronde di stadion Toppi di Philadelphia Selatan. (Baca juga: 2 Artis Indonesia Yang Transseksual Dan Ttansgender)

Pada 1958, Frank beralih profesi menjadi wasit tinju dan mendedikasikan hidupnya selama lima puluh tahun menjadi wasit sekaligus juri tinju. Sepanjang perjalanan karirnya itulah Capcino mengubah namanya menjadi “Cappuccino”, di mana ia mendapat bantuan sahabat lamanya yang juga merupakan ring announcer, Ed Derian. Derian membantu menjadikannya terkenal dengan mengucapkan namanya dengan pengucapan yang hiperbolis.

Cappuccino menjadi wasit tinju legendaris dalam berbagai duel tinju internasional
Cappuccino menjadi wasit tinju legendaris dalam berbagai duel tinju internasional

Namun bukan julukan uniknya yang membuatnya terkenang. Cappuccino dikenang karena dedikasinya dalam masa karir yang panjang dan selama itu pula ia aktif menggelutinya serta selalu memberikan yang terbaik. Cappuccino menjadi salah satu wasit tinju yang sangat dihormati dan disegani di dunia tinju internasional.

Ia telah menjadi wasit untuk ribuan pertandingan termasuk tak kurang dari 100 pertandingan dunia. Beberapa pertandingan tinju paling tak terlupakan di mana ia menjadi wasit ialah duel tinju antara Tyson vs Spinks, Gatti vs Ward I, Tyson vs Mathis Jr., Whitaker vs Rodriguez, Bowe vs Biggs, Tyson vs Stewart, Spinks v Cooney, Spinks vs Davis dan masih banyak lagi.

Nama Cappuccino mendapat penghargaan pada New Jersey Hall of Fame dan Pennsylvania Boxing Hall of Fame atas loyalitasnya dalam berkarir sebagai seorang wasit selama puluhan tahun. Selamat jalan, Mr. Cappuccino. May you rest in peace.

Share This Article