Warna Lidah Bisa Jadi Penanda Kesehatan, Lho | Breaktime
Warna Lidah Bisa Menandakan Seberapa Sehat Diri Anda, Lho
01.11.2015

Lidah biasanya memang digunakan sebagai indera pengecap untuk rasa manis, asin, pahit, maupun asam. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata lidah juga bisa menjalankan tugas lain sebagai pendeteksi kesehatan tubuh? Yap, berikut merupakan gejala yang ditunjukkan lidah pada kesehatan B’timers:

Muncul benjolan

Bila akhir-akhir ini Anda merasa tak begitu nyaman saat makan karena benjolan pada lidah, berhati-hatilah. Sebab, benjolan lidah tersebut bisa saja gejala kanker yang mana Anda harus segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Lidah pecah-pecah

Sering merasa perih saat mengunyah berbagai jenis makanan atau menelan berbagai minuman? Coba julurkan lidah Anda dan amati apakah tengah terjadi pecah-pecah? Bila ya, ini merupakan tanda bahwa lidah mengalami penuaan dini yang mana Anda harus melakukan pengobatan untuk mencegahnya infeksi.

Berwarna putih

Lidah yang berwarna putih umumnya menunjukkan tanda bahwa Anda sedang tidak enak badan, demam, atau ada masalah dengan ginjal. Selain itu, warna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur candidas albicans atau bakteri streptococcus pyogenes.

Warna Lidah Bisa Jadi Penanda Kesehatan, Lho | Breaktime
Lidah berwarna putih menunjukkan Anda tak enak badan

Guratan putih

Berbeda dengan lidah yang berwarna putih secara keseluruhan, kali ini Anda mungkin menjumpai adanya guratan putih pada lidah. Ini menunjukkan bahwa lidah tengah mengalami iritasi. Oleh karena itu, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Berwarna kecokelatan

Bila saat becermin Anda melihat lidah berwarna kecokelatan, ini merupakan tanda bahwa lidah sangat tidak steril. Oleh karena itu, segeralah bersihkan lidah dengan cara menggosoknya dengan sikat gigi atau mengguanakan omat kumur selama beberapa menit.

Radang

Munculnya warna putih pucat pada sebagian area ujung lidah dan terasa begitu sakit saat disentuh bisa adalah tanda lidah mengalami radang. Umumnya, radang lidah ini menandakan bahwa B’timers sedang mengalami stres tinggi. Istirahatlah sejenak dan segarkan pikiran agar radang cepat sembuh.

Merasa terbakar

Jika Anda merasa lidah terbakar, ini bisa jadi pertanda bahwa Anda tengah mengalami fase menopause. Namun, bila Anda masih terlalu muda untuk mengalaminya, well bisa jadi B’timers tidak cocok dengan pasta gigi yang digunakan.

Mulai sekarang, sering-seringlah untuk mengamati apa yang terjadi dengan lidah Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemantauan pada kesehatan tubuh secara berkala. Jaga kesehatan Anda ya, B’timers.

Share This Article