Mengapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama dari Pria? | Breaktime
Wanita Perlu Tidur Lebih Lama dari Pria, Mengapa?
15.03.2016

Tidur atau istirahat memang menjadi kebutuhan tubuh yang paling mendasar untuk kembali mengumpulkan tenaga setelah beraktivitas. Namun, siapa sangka jika ternyata lamanya waktu tidur yang dibutuhkan wanita dan pria tidak sama? Memang mengejutkan setelah sebuah penelitian menemukan bahwa ternyata wanita membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada pria. Mengapa bisa demikian?

Mengapa wanita perlu tidur lebih lama dari pria?

Sebuah riset yang dilakukan di Duke Medical Center pada tahun 2008 mengumpulkan 210 pria dan wanita setengah baya untuk penelitian tentang tidur. Mereka memilih responden yang tidak merokok, pecandu obat-obatan atau memiliki kelainan tidur. Penelitian tersebut menggunakan metode survey dengan memberi beberapa kuesioner untuk mengumpulkan data tentang kualitas tidur mereka.

Para peneliti kemudian mengambil sampel darah untuk melihat biomarker diabetes dan penyakit jantung. Hasilnya, sekitar 40 persen dari responden tersebut memiliki kualitas tidur yang buruk. Namun, ada perbedaan dramatis dalam kesehatan tidur yang buruk berdasarkan jenis kelamin mereka. Wanita yang tidurnya kurang lebih rentan terhadap perasaan marah, depresi dan permusuhan.

Mengapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama dari Pria? | Breaktime
Wanita lebih rentan mengalami masalah psikologi jika kurang tidur

Artinya, semakin sedikit mereka tidur, semakin besar kemungkinan mengalami tekanan psikologis. Yang mengejutkan, tanda-tanda tersebut  tidak dimiliki oleh para responden pria meski mereka memiliki kualitas tidur yang teramat sangat buruk sekalipun. Sedangkan wanita yang kurang tidur berakibat pada kesulitan memulihkan otak, ini membuatnya sulit berpikir lebih jernih pada hari berikutnya ketika otak lelah. Itulah mengapa sebenarnya wanita seharusnya memiliki waktu tidur yang lebih lama dari pria.

Wanita di dunia masih kurang tidur

Entah itu karena pikiran yang aktif atau karena faktor biologis, nyatanya hampir seluruh wanita di dunia masih memiliki kualitas tidur yang kurang. Menurut National Sleep Foundation di Inggris, ada beberapa alasan bahwa perempuan tidak mendapatkan tidur yang mereka butuhkan sebagai titik penting dalam hidup mereka.

Mengapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama dari Pria? | Breaktime
Perhatikan waktu tidur jika tidak ingin kesulitan berpikir

Hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian khusus yang dilakukan di University of Surrey yang menemukan bahwa 18 persen wanita mengalami kurang tidur lima kali dalam seminggu, sementara hanya delapan persen pria memiliki keluhan yang sama. Namun, sebuah penelitian di Belanda menunjukkan hasil bahwa perempuan memang sering meremehkan jumlah tidur dengan sengaja.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami gangguan psikologis atau kesulitan berpikir, perhatikan dengan serius masalah waktu tidur Anda ya, B’timers! Semoga informasi di atas bermanfaat! (nap)

Share This Article