Wah, Ternyata Tidur Dapat “Mencuci” Otak! | Breaktime
Wah, Ternyata Tidur Dapat “Mencuci” Otak! Kok Bisa?
19.05.2016

Tidur memang sangat penting bagi kesehatan. Cukup tidur bisa membuat tubuh terasa segar saat harus beraktivitas seharian. Kalau B’timers, apakah pola tidur Anda sudah baik? Nah, meski sangat jarang kita tahu dan amati, sebenarnya ada hal-hal menarik yang terkait dengan tidur. Salah satunya, ternyata tidur itu bisa “mencuci” otak. Wah, kok bisa, ya? Simak fakta-fakta menarik tentang tidur selengkapnya :

1 Tidur bisa membantu membersihkan otak

Menurut  Dr. Maiken Nedergaard, co-director Pusat Transational Neuromedicine di Universitas Rochester, tidur bisa membersihkan racun yang terkumpul di sel-sel otak pada siang hari. Seperti mesin cuci, tidur akan mencuci dan membersihkan racun tersebut, sehingga otak akan bersih dan segar kembali esok paginya.

2 Menguap itu memang bisa menular

Ya, barangkali Anda sudah sering mendengar dan mengalami yang satu ini. Menurut Robert Provine, neuroscientist di Universitas Maryland, menguap bukan tanda mengantuk, namun merupakan sinyal bahwa tubuh kita harus bangun dan tersadar. Dan memang benar, kita menguap saat bosan, dan saat menunggu sesuatu terjadi. Maka, tak heran bila saat meeting kerja atau jam kuliah, orang-orang di sekitar Anda ikut menguap, agar lebih sadar dan terjaga.

Wah, Ternyata Tidur Dapat “Mencuci” Otak! | Breaktime
Minum kopi di sore hari bisa mengurangi jam tidur Anda

3 Minum kopi saat sore dapat mengganggu tidur di malam hari

Sebenarnya, efek kafein masih terasa dalam jangka panjang, lho. Sebuah studi di Wayne State University and Henry Ford Hospital di Detroit, Michigan, menemukan bahwa kafein bisa mempengaruhi tidur bahkan jika diminum enam jam sebelum tidur. Minum minuman berkafein seperti kopi bisa mengurangi satu jam waktu tidur Anda.

4 Tidur siang bisa tingkatkan kreativitas

Sebuah penelitian di Georgetown University Medical Center menunjukkan bahwa saat tidur siang, otak bagian kanan yang berhubungan dengan kreativitas, jadi sangat aktif, sedangkan otak bagian kiri cenderung diam dan tenang. Jadi, tidur siang itu seperti me-refresh otak sebelum kembali melakukan kegiatan yang membutuhkan kreativitas Anda.

Bagaimana dengan B’timers, sudah merasakan hal-hal berkaitan dengan tidur seperti yang disebutkan Breaktime tadi? (md)

Share This Article