Ternyata Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah! | Breaktime
Wah, Ternyata Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah!
17.05.2016

Tak hanya bisa mengatasi sakit batuk, cokelat ternyata juga memiliki peran penting lainnya di bidang kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, lho. Cokelat mengandung antioksidan alami yang disebut flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi risiko timbulnya penyakit kronis. Flavonoid mengurangi penumpukan plak di dinding arteri dan dapat mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Cokelat dan tekanan darah

Flavonoid dalam cokelat membantu melindungi sel-sel dari radikal bebas. Sebuah studi 2008 yang dilakukan oleh peneliti di Department of Food Science and Human Nutrition di University of Illinois, Urbana-Champaign menemukan bahwa peserta dewasa dengan tekanan darah tinggi mengkonsumsi cokelat setiap hari mengalami penurunan tekanan darah setelah 8 minggu. Beberapa penelitian serupa lainnya juga telah menunjukkan bahwa cokelat yang kaya flavonol atau cocoa powder mengurangi tekanan darah, menurut USDA Nutrition Evidence Library.

Ternyata Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah! | Breaktime
Makan dalam porsi secukupnya saja

Pilihan cokelat terbaik

Menurut Harvard Health Publications, baik cocoa powder maupun cokelat gelap keduanya memberikan manfaat kesehatan. Tanpa pemanis, cocoa powder sebenarnya mengandung persentase flafonoid yang lebih tinggi dari padatan kakao tanpa lemak daripada cokelat hitam. Masing-masing presentase sekitar 82 persen banding 23 persen. Metode pengolahan untuk cokelat komersial seperti memanggang, fermentasi dan alkalizing dapat menguras isi flavonol dalam cokelat.

Ternyata Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah! | Breaktime
Sertakan menu diet sehat lainnya

Porsi yang tepat

Seperti yang B’timers ketahui, cokelat mengandung banyak lemak 9 kalori per gram. Untuk menghindari kalori harian yang melebihi batas, makanlah coklat hitam dalam jumlah sedang. Memang, penelitian belum memiliki bukti yang cukup untuk merekomendasikan porsi cokelat demi mendapatkan manfaat kesehatan.

Namun, Harvard Medical School and Cleveland Clinic menyarankan mengkonsumsi sebagian kecil dari cokelat hitam atau sekitar 1 ons dalam beberapa hari setiap pekannya. Sertakan makanan lain yang kaya flavonoid juga seperti cranberry, bawang, anggur merah dan teh dalam menu diet sehat Anda. (nap)

Share This Article