Wah, Mendengkur Juga Bisa Jadi Tanda Stroke? | Breaktime
Wah, Mendengkur Juga Bisa Jadi Tanda Stroke?
27.05.2016

Saat tidur, sepertinya tubuh kita tak kunjung berhenti bergerak, ya. Mulai dari berguling ke kanan atau ke kiri hingga mendengkur tanpa disadari. Nah, kalau B’timers, bagaimana kebiasaan tidur Anda? Jika Anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang mendengkur saat tidur, bisa jadi itu adalah tanda sakit stroke. Benarkah? Lalu, apalagi arti kesehatan dari mendengkur?

Stroke

Berdasarkan penelitian, mendengkur sangat berkaitan dengan risiko aterosklerosis karotid, yakni penyempitan pembuluh darah di leher karena tumpukan lemak yang menjadi plak, dan ini bisa berakibat stroke. Semakin keras dengkuran, maka semakin tinggi risiko stroke.

Sakit jantung

Mendengkur saat tidur erat kaitannya dengan masalah kardiovaskular atau jantung, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah koroner, bahkan bisa berujung pada serangan jantung.

Detak jantung tak normal

Orang yang mendengkur saat tidur dalam jangka waktu yang sudah lama berisiko mengalami ritme detak jantung yang tak beraturan atau disebut aritmia. Aritmia juga bisa berefek pada sistem konduktif jantung.

Wah, Mendengkur Juga Bisa Jadi Tanda Stroke? | Breaktime
Mendengkur bisa jadi tanda gangguan kesehatan

Gangguan kesehatan mental

Juga terdapat kaitan erat antara mendengkur dengan gangguan kesehatan mental. Mendengkur saat tidur bisa juga menjadi gejala depresi atau rasa cemas dan gelisah berlebihan, hal tersebut terungkap lewat sebuah penelitian medis.

Sakit kepala

Apa Anda sering terbangun dengan kepala terasa pusing? Menurut sebuah studi yang dilakukan dengan partisipan orang mendengkur, ada kaitan antara mendengkur dengan sakit kepala. Orang yang mendengkur dan lebih sering sakit kepala ternyata memiliki kualitas hidup yang lebih rendah dibandingkan yang jarang mengalami sakit kepala.

Kepuasan seksual rendah

Berdasarkan sejumlah penelitian, pasangan dari orang yang mendengkur akan lebih mudah kehilangan hasrat bercinta dibandingkan jika pasangannya tidak mendengkur. Karenanya, ada baiknya Anda mencari solusi untuk mengurangi mendengkur jika memang masalah yang satu ini Anda alami.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan mendengkur. Jika B’timers juga mengalaminya dan sudah terasa mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran langkah penanganan yang terbaik. (md)

Share This Article