“Kegiatan” Anak-Anak Ini Bisa Bikin Panjang Umur | Breaktime
Wah, “Kegiatan” Anak-Anak Ini Bisa Bikin Panjang Umur, Lho
10.01.2016

Siapa yang tidak ingin hidup panjang umur? Semua orang tentunya ingin hidup bahagia, sehat dan panjang umur. Segala macam upaya pun dilakukan untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Namun, tahukah Anda bahwa kegiatan Anda saat masih kecil ini akan membantu Anda berumur panjang, meski dilakukan kini saat Anda sudah dewasa?

Berikut 5 kegiatan yang bisa membantu B’timers selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit:

  • Mewarnai buku gambar bisa mengurangi stres

Ketika masih kecil kita sering mewarnai buku bergambar karena memang sangat menyenangkan. Namun, ketika kita dewasa, hal itu pun kita tinggalkan dan bahkan mungkin terasa sedikit aneh jika kita melakukannya. Mewarnai tidak lagi dilakukan karena banyak hal lebih penting yang perlu diselesaikan.

Namun, jangan salah, kegiatan yang umumnya dilakukan anak kecil ini ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan, bsia menciptakan ketenangan dan juga merangsang area otak yang berhubungan dengan keterampilan motorik, indra dan kreativitas. Jadi, tak ada salahnya Anda meluangkan waktu untuk mewarnai beberapa gambar dan rasakan emosi yang lebih segar.

“Kegiatan” Anak-Anak Ini Bisa Bikin Panjang Umur | Breaktime
Mewarnai bisa menciptakan ketenangan diri
  • Tidur siang tidak hanya untuk anak kecil

Saat kita masih kecil, orang tua kita selalu menyuruh kita untuk tidur siang. Namun, tidur siang tidak hanya untuk anak kecil saja kok, B’timers. Menurut National Sleep Foundation Amerika, tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan kinerja serta mengurangi kesalahan dan kecelakaan.

Lebih detail lagi, Mayo Clinic menjelaskan bahwa tempat tidur Anda layaknya sebuah pos pemeriksaan, di mana tubuh Anda menyimpan informasi baru dan kenangan. Tidur siang juga bisa membuat Anda merasa lebih santai, tak terlalu lelah dan dapat meningkatkan memori.

  • Bemain  mencegah alzheimer dan demensia

Jangan menganggap enteng kekuatan games untuk orang dewasa. Bermain seperti ketika Anda masih kecil dapat membantu Anda tetap aktif secara mental saat usia semakin bertambah. Seperti dilansir majalah Time, game membantu memperlambat penurunan kognitif di usia lanjut. Hal ini yang kemudian menjauhkan Anda dari kemungkinan terserang alzheimer dan demensia.

“Kegiatan” Anak-Anak Ini Bisa Bikin Panjang Umur | Breaktime
Permainan dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif
  • Makan snack membantu meningkatkan mood

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Psychiatry pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang makan dengan konsisten, akan semakin sehat baik secara fisik maupun mental. Selain makanan pokok, makan makanan ringan juga membantu meningkatkan mood baik Anda.

  • Berimajinasi untuk meningkatkan empati

Albert Einstein mengatakan bahwa imajinasi jauh lebih penting daripada pengetahuan. Imajinasi tidak hanya penting di masa kecil. Anda mungkin tidak lagi memiliki teman khayalan seperti di masa kecil Anda, tapi Anda dapat menggunakan imajinasi Anda untuk berempati dengan teman-teman yang merasa rendah diri. Selain itu, manfaat berimajinasi adalah menghindarkan Anda dari rasa bosan yang dapat berujung stres.

Kegiatan tersebut tentunya akan lebih baik jika diimbangi dengan pola hidup sehat. Olahraga ringan juga akan sangat membantu Anda terhindar dari penyakit dan bisa membuat Anda panjang umur. Nah, selalu jaga kesehatan ya, B’timers! (nap)

Share This Article