Wah, Ini Penyebab Bisul Yang Sering Disepelekan | Breaktime
Wah, Ini Penyebab Bisul Yang Sering Disepelekan
07.05.2017

B’Timers, pasti sudah tak asing lagi dengan infeksi kulit satu ini, kan? Bisul, atau boils memang sangat gampang dikenali dari bentuknya yang berupa benjolan besar yang jika tertekan, duh, rasa sakitnya tak tertahankan! Bisul terjadi akibat adanya infeksi di bawah kulit Anda, tepatnya di area folikel rambut atau di bagian kalenjar keringat. Dan pada umumnya bisul muncul di daerah-daerah lipitan kulit, seperti di area ketiak, leher, pantat, kelopak mata, bahkan ada juga yang muncul di daerah wajah dan pundak. Dalam beberapa kasus, bisul dapat tumbuh secara bergerombol dan merupakan indikasi penyakit radang kulit yang cukup serius, yaitu carbuncle. Wah, lalu kira-kira apa saja penyebab bisul?

BACAJUGA:1

Well, pada umumnya penyebab bisul yang paling utama adalah akibat dari infeksi bakteri kulit yang dinamakan staphyloccocal bacteria. Bakteria ini sebenarnya adalah penghuni tetap dari kulit kita, B’Timers, dan memang bakteri ini sebenarnya merupakan jenis bakteri pasif yang kehadirannya tidak merugikan sehingga tak mengherankan jika banyak orang tidak menyadari keberadaan bakteri ini.

Nah, masalah muncul ketika bakteri ini menemukan akses masuk ke bagian bawah kulit melalui luka. Bakteri staphyloccocalini dapat memasuki bagian bawah kulit dengan kedalaman yang cukup lumayan lho, bahkan bisa mencapai bagian folikel rambut dan mengakibatkan pembengkakan kalenjar keringat. Akibat dari pembengkakan tersebut dapat Anda lihat dengan munculnya benjolan merah yang menyakitkan pada permukaan kulit. Dan apabila bisul pada tahap awal tersebut tidak segera diatasi maka benjolan tersebut akan menjadi semakin besar, lunak dan dipenuhi oleh nanah. Kulit di sekitar timbulnya bisul tersebut pun akan berubah menjadi merah, membengkak, dan terasa sakit saat disentuh. Tidak jarang Anda juga akan mengalami demam. Wah, kalau sudah begitu itu merupakan pertanda bahwa infeksi kulit Anda mulai memasuki tahap yang cukup parah. Jadi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ya?

Wah, Ini Penyebab Bisul Yang Sering Disepelekan | Breaktime
Yuk, ketahui dan cegah penyebab bisul

Dan seperti disinggung sebelumnya, bisul disebabkan oleh infeksi bakteri staphyloccocal yang memasuki lapisan kulit bawah melalui luka di kulit. Nah penyebab dari munculnya luka yang kemudian berujung pada infeksi ini juga bermacam-macam B’Timers. Salah satunya adalah terkenanya kontak antara kulit dengan bahan-bahan kimia keras sehingga mengakibatkan iritasi pada kulit.

Selain itu, masalah kebersihan juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya infeksi bisul. Remember, luka sekecil apapun bisa menjadi pintu gerbang bagi bakteri untuk memasuki dan menginfeksi kulit Anda, jadi alangkah bijaknya jika Anda mengoleskan cairan alkohol atau paling tidak mencuci luka Anda dengan sabun anti-bakteri untuk membantu menjaga agar area kulit di sekitar luka terbebas dari bakteri yang merugikan.

BACAJUGA:2

Biasanya infeksi bisul akan menghilang dengan sendirinya,terlebih lagi jika Anda memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat, maka semakin besar pula kemungkinan tubuh Anda dapat menang melawan infeksi bakteri bisul dan mencegah bisul menjadi semakin parah. Akan tetapi, apabila Anda merupakan penderita diabetes, maka besar kemungkinan tubuh Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk melawan infeksi dari bakteri tersebut. Resiko yang sama juga dapat menimpa  Anda yang memiliki masalah dengan sistem imunitas tubuh ( baik karena faktor genetik maupun akibat gizi buruk).

BACAJUGA:3

Dan walaupun penyakit bisul pada dasarnya tidak akan menempatkan Anda ke dalam life and death situation, tetap saja Anda perlu meningkatkan kewaspadaan dan memeriksakan diri ke dokter jika bisul Anda semakin parah sehingga mengakibatkan Anda terkena demam, dan kalenjar limpa Anda membengkak.

Ternyata walaupun penyebab bisul sebenarnya sedikit sepele kita harus tetap waspada ya, B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE