Wah, Ini 9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan! | Breaktime
Wah, Ini 9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan!
06.11.2016

Aktivitas donor darah dipandang sebagai kegiatan sosial yang mulia. Mengapa? Yup, karena donor darah mampu membuat Anda menyelamatkan jiwa seseorang. Seringkali donor darah dilakukan secara sukarela. Tak jarang juga donor darah dilakukan dalam keadaan yang sangat genting. Nah, tahukah Anda bahwa donor darah tidak hanya dilakukan untuk seseorang yang membutuhkan. Melainkan bagi sang pendonor, manfaat donor darah bagi kesehatan juga banyak loh!

Nah, pasti Anda make questions, benarkah donor darah bisa menimbulkan manfaat? Lalu, manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari donor darah? Penasaran, kan? Yuk, intip manfaat donor darah berikut ini!

Baca juga : KENALI GEJALA DARAH RENDAH & CARA MENGATASINYA

1. Melindungi jantung

Anda yang melakukan donor darah secara aktif akan memiliki jantung yang lebih sehat. American Journal of Epidemology membuktikan penelitiannya bahwa pendonor darah aktif cenderung 88% lebih rendah beresiko mengalami sakit jantung dan 33% mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan resiko kanker

Melakukan donor darah secara aktif bisa dihitung dengan 3 bulan sekali untuk pria dan 4 bulan sekali untuk wanita. Hal ini juga akan menurunkan resiko penyakit kanker, khususnya kanker paru-paru, kanker lambung, kanker tenggorokan, dan kanker usus besar.

3. Menurunkan level zat besi dalam darah

Penurunan zat besi dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Manfaat zat besi dapat mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh. Hal ini berdampak buruk untuk arteri dan bisa menimbulkan aterosklerosis.

Wah, Ini 9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan! | Breaktime
Lakukan donor darah secara rutin untuk kesehatan tubuh

4. Pembaharuan sel-sel darah

Anda yang melakukan donor darah secara rutin akan bermanfaat bagi regenerasi sel darah merah yang akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Selama 4 sampai 8 minggu ke depan sel baru akan terbentuk dan membantu fungsi setiap organ.

5. Pemeriksaan kesehatan secara gratis

Setiap kali Anda melakukan donor darah, sebelumnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan tubuh. Nah, dengan begitu B’timers bisa tahu kesehatan tubuhnya secara gratis.

Wah, Ini 9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan! | Breaktime
Mau cek darah gratis? Lakukan donor darah secara rutin!

6. Pemeriksaan analisis darah secara gratis

Manfaat donor darah bagi kesehatan selanjutnya adalah Anda bisa mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis. Secara otomastis, sample darah Anda akan diperiksa di laboratorium. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami sakit menular atau tidak. Selain itu juga, sebagai media apakah Anda layak mendonorkan darah atau tidak.

7. Membakar kalori

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Setiap orang tentu akan menginginkan hal ini. Banyak cara yang dilakukan dengan diet atau bahkan melakukan cara ekstrem seperti sedot lemak. Donor darah memiliki keistimewaan dapat membakar 650 kalori dalam tubuh. Hal ini juga dapat mempengaruh kulit yang lebih kencang.

8. Psikologis stabil

Jika Anda rutin melakukan donor darah juga akan berdampak pada pikiran. Kondisi pikiran Anda akan lebih jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Tingkat stress yang dialami pun juga akan membaik.

Baca juga : WAH, TERNYATA COKELAT BISA TURUNKAN TEKANAN DARAH!

9. Mencegah penuaan dini

Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini, khususnya pada wanita. Melakukan donor darah secara teratur akan membantu kulit beregenerasi secara sempurna. Anda pun akan terhindar dari munculnya keriput yang terlalu cepat. Dengan begitu Anda juga tak perlu melakukan perawatan kecantikan yang mahal.

Luar biasa sekali ternyata manfaat donor darah bagi kesehatan. Setelah mengetahui banyak sekali manfaat dengan melakukan donor darah secara rutin, mulai saat ini Anda bisa memulainya B’timers. Selain untuk kesehatan diri sendiri, you can save each other! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE