Wah, Hindari Kebiasaan Penyebab Nyeri Bahu Ini | Breaktime
Wah, Hindari Kebiasaan Penyebab Nyeri Bahu Ini
12.02.2016

B’timers tanpa sadar tiba-tiba merasakan rasa sakit yang sangat di area bahu hingga leher. Bisa jadi Anda sedang mengalami nyeri bahu. Lho, kok bisa ya? Karena bahu dan leher merupakan penopang kepala dan pusat kedua tangan Anda, jadi sangat wajar jika rentan terjadi nyeri. Sebenarnya nyeri bahu bisa terjadi tanpa B’timers sadari. Pelajari dulu kebiasaan penyebab nyeri bahu yang tanpa sadar sering Anda lakukan ini, yuk!

1.Posisi tidur yang salah

B’timers pasti pernah merasakan bangun pagi dengan bahu dan leher super kaku seperti kayu. Posisi tidur merupakan salah satu penyebab nyeri bahu paling umum terjadi. Terlentang dengan kepala miring ke salah satu sisi bisa menyebabkan nyeri pada bahu dan leher. Tidur tengkurap juga menjadi penyebab nyeri bahu. Tidurlah miring dengan dukungan bantal di kepala Anda.

Wah, Hindari Kebiasaan Penyebab Nyeri Bahu Ini | Breaktime
Tidurlah miring dengan topangan bantal yang pas dengan lebar bahu Anda

2.Emotional distress

Nyeri bahu tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan fisik saja, namun bisa lewat stress emosional. Selama jam kerja, B’timers akan dibebani dengan berbagai tuntutan serta harus selalu fokus pada satu pekerjaan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menyadari bahu Anda akan mengeras karena tekanan stress dari pekerjaan tersebut.

3.Beban tas terlalu berat

Tanpa B’timers sadari, isi dari tas Anda menentukan tingkat kekakuan bahu. Tas biasanya digunakan dengan cara mengaitkan pada bahu sebagai penopangnya, dan membawa tas dalam waktu lama menyebabkan bahu Anda nyeri. Pilah pilihlah isi tas B’timers sehingga tidak kelebihan berat serta pilih tali tas yang lebar agar tidak memberikan tekanan lebih besar pada bahu.

Wah, Hindari Kebiasaan Penyebab Nyeri Bahu Ini | Breaktime
Membawa buku yang melebihi kapasitas bahu bisa menyebabkan nyeri

4.Meja kerja tidak sesuai ketinggiannya

Posisi Anda bekerja juga menjadi penyebab nyeri bahu tanpa disadari. Kaki meja yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari posisi bahu B’timers akan memberikan tekanan lebih pada bahu. Maka pilih dan atur ketinggian kursi dan meja kerja Anda agar B’timers mampu bekerja dengan nyaman meskipun dalam waktu lama.

5.Bra terlalu ketat

Bra berfungsi untuk menopang payudara B’timers dengan cara dikaitkan pada area bahu dan punggung. Bra yang terlalu ketat akan menarik otot di sekitar bahu dan punggung. Pilihlah bra yang pas dengan ukuran lingkar dada dan cup Anda. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran bra Anda kembali jika B’timers mengalami penurunan atau kenaikan berat badan.

Wah, Hindari Kebiasaan Penyebab Nyeri Bahu Ini | Breaktime
Ukuran bra yang tepat akan membantu mengurangi nyeri di bahu

Sudah tahu, kan, kebiasaan-kebiasaan penyebab nyeri bahu tersebut? Dengan memperbaiki kebiasaan tersebut, B’timers akan terhindar dari nyeri bahu yang menghantui setiap hari. Usahakan untuk selalu melakukan peregangan jika mengerjakan tugas dalam waktu lama dan saat akan berolahraga. Selamat terbebas dari nyeri bahu, B’timers! (ft)

Share This Article