Beruntungnya Orang yang Doyan Makanan Pahit | Breaktime
Wah, Betapa Beruntungnya Orang yang Doyan Makanan Pahit
02.01.2016

Tak banyak orang yang mau mengkonsumsi makanan pahit, bahkan sebagian dari mereka menolak mentah-mentah jika ada yang menyuguhkan makanan tersebut. Memang, makanan pahit lebih sulit ditelan dan masuk tenggorokan jika dibandingkan dengan makanan yang memiliki cita rasa yang wajar.
Namun sebenarnya, kandungan kina pada makanan bercita rasa pahit ternyata malah memiliki segudang manfaat lho, B’timers. Makanan pahit mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti Vitamin B1, Vitamin K, likopen dan fitokimia. Mau tahu manfaat apa saja yang diberikan jika Anda rajin mengkonsumsi makanan pahit? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  • Membersihkan lambung

Beruntungnya Orang yang Doyan Makanan Pahit | Breaktime
Pare adalah salah satu buah yang memiliki manfaat sebagai pembersih lambung

Makanan pahit dapat membersihkan timbunan kotoran yang terdapat dalam di dalam lambung. Selain itu, makanan pahit juga dapat membunuh cacing pita dan cacing kremi yang bersarang di usus besar. Kandungan maanfaat tersebut bisa didapat dari daun pepaya muda dan buah pare.
Meredakan sakit malaria
Kandungan kina yang terdapat pada makanan pahit bisa membantu Anda dalam meredakan sakit malaria yang melanda. Dalam hal ini, orang Jawa mempunyai kebiasaam menggunakan air rebusan daun pepaya untuk menghentikan serangan malaria.

  • Menyehatkan empedu

Selain meredakan penyakit malaria, kandungan kina dalam makanan pahit juga bermanfaat untuk menyehatkan empedu. Jika Anda rajin mengkonsumsi makanan pahit, kesehatan empedu Anda akan terjaga karena zat-zat beracum dalam darah Anda dibersihkan secara alami dengan makanan pahit tersebut.

  • Menjaga kesehatan liver

Sebuah penelitian yang dilakukan salah satu perguruan tinggi di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang doyan dan gemar mengkonsumsi makanan pahit memiliki resiko sangat kecil untuk terjangkit penyakit liver atau hati. Hal itu membuktikan bahwa makanan pahit bisa membantu kondisi hati Anda tetap sehat.

  • Meningkatkan produski ASI

Bagi Anda yang sedang menyusi, mengkonsumsi makanan pahit akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan produksi ASI untuk si kecil. Konsumsi makanan pahit dengan tujuan melancarkan ASI biasanya dilakukan di bulan-bulan menjelang kelahiran.
Namun untuk ibu hamil, lebih baik membatasi dalam memakan buah pare, pasalnya selain bermanfaat pare juga sangat riskan dikonsumsi ibu hamil yang bisa memungkinkan terjadinya keracunan pada janin. Sebaiknya, menggunakan daun pepaya atau jejamuan saja agar lebih Aman

  • Manfaat untuk kecantikan

Tak banyak yang tahu bahwa makanan pahit juga bermanfaat untuk kesehatan. Pare, daun pepaya dan jamu-jamuan pahit berguna sebagai antioksidan alami yang membantu menangkal radikal bebas dan membersihkan racun-racun di dalam sel kulit. Itulah kenapa mereka yang gemar memakan makanan pahit memiliki kulit yang lebih awet muda.
Nah, B’timers. Masih ragu mengkonsumsi makanan pahit? (nap)

Share This Article