Wah, Apakah Benar Sering Begadang Bikin Mandul? | Breaktime
Wah, Apakah Benar Sering Begadang Bikin Mandul?
26.11.2016

Apa hubungannya sering begadang dengan kemandulan, B’timers? Well, itulah yang dibuktikan di dalam penelitian terbaru, bahwa kaum pria yang sering pergi tidur larut malam cenderung mengalami masalah kemandulan, dibandingkan mereka yang mendapatkan tidur cukup dan berkualitas. Nah, berikut adalah alasan dan hubungan begadang bikin mandul pria yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Wah, Apakah Benar Sering Begadang Bikin Mandul? | Breaktime
Biasakan tidur teratur untuk menjaga kesehatan, ya?

Penelitian antara tidur serta tingkat kesuburan

Jika pada penelitian sebelumnya terbukti bahwa kurang tidur memiliki hubungan erat dengan tingginya risiko penyakit jantung dan kanker. Kali ini penelitian menambahkan apabila seseorang cenderung tidur larut malam, bahkan sering begadang, tingkat kesuburan mereka akan menurun. Hal ini karena ukuran testis menyusur dan produksi sperma pun ikut menyusut. Dan ini mempengaruhi kadar testosteron.

Masalah tidur bisa menurunkan kesuburan pria

Secara drastis masalah tidur dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria usia muda. Hal ini seperti yang dibuktikan dalam penelitian terbaru. Kebiasaan tidur larut malam dapat menurunkan jumpah produksi sperma hingga 25 %, B’timers. Dan labia lanjut dikatakan, gangguan tidur terbukti cukup mempengaruhi kualitas air mani.

Baca juga : PEGAL PASCA BERCINTA? INI YANG TERJADI DI TUBUH!

Wah, Apakah Benar Sering Begadang Bikin Mandul? | Breaktime
Kurang tidur dapat meningkatkan risiko banyak penyakit

Bukti menurunnya kesuburan dan gaya hidup

Well, meskipun sebenarnya masih belum cukup bukti yang menunjukkan begadang bikin mandul, tetapi pada kenyataannya apabila pria memiliki kebiasaan begadang, maka mereka juga bisa dipastikan punya kebiasaan makan dan gaya hidup yang juga tak sehat, B’timers. Dan hal tersebutlah yang menyebabkan tingkat kesuburan pria menurun.

Terlebih jika pria memiliki kebiasaan merokok ditambah dengan minum minuman beralkohol. Tak hanya itu. Masalah tidur yang dialami pria lebih lanjut dapat mempengaruhi tingkat testosterone yang bakalan mengurangi produksi hormon seks. Penelitian mengenai kurangnya tidur dengan menurunnya tingkat kesuburan pria masih perlu dilanjutkan lagi untuk memastikan kebenarannya.

Namun meski begadang bikin mandul baru memberikan sedikit bukti, sebaiknya Anda biasakan untuk tidur teratur, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE