Virus Menyerang? Jangan Panik, Ini Menangkalnya | Breaktime
Virus Menyerang? Jangan Panik, Ada Cara Untuk Menangkalnya
18.12.2015

B’timers pasti akan cemas jika ada anggota keluarganya yang tiba-tiba sakit. Dan untuk mengatasinya, kita akan segera membawa mereka ke dokter atau bahkan langsung ke rumah sakit. Apalagi jika suhu tubuh mereka melebihi batas normal.

Nah, sebenarnya ada cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus, lho!

Apa itu virus?

Meskipun masih banyak kontroversi tentang apakah virus merupakan organisme hidup atau bukan, tetap tidak ada perdebatan bahwa viruslah yang menyebabkan kita terserang  beberapa penyakit. Beberapa jenis virus bahkan bisa menyebarkan penyakit kronis, loh, B’timers. Dan masih belum bisa dipastikan apakah infeksi yang disebabkan oleh virus dapat benar-benar disembuhkan. Karena terdapat banyak virus yang bisa bertahan di tubuh manusia dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mengapa kita bisa demam, sih?

Demam merupakan salah satu cara tubuh bertahan. Jadi tidak perlu cemas jika Anda terserang demam. Karena demam merupakan tanda bahwa tubuh kita mengalami infeksi akibat virus yang masuk. Bagi orang dewasa demam tidak terlalu berbahaya. Namun jika suhu tubuh mencapai di atas 39,4 derajat celcius selama lebih dari 12 dan 24 jam, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Sedangkan untuk anak berumur 6 bulan ke atas, jika demam mencapai lebih dari 40 derajat celcius harus segera dibawa ke dokter. Jangan lupa selalu melakukan pengecekan rutin panas tubuh di telinga, dan ketiak.

Virus Menyerang? Jangan Panik, Ini Menangkalnya | Breaktime
Kehilangan nafsu makan sering kita alami ketika demam

Beri tubuh cukup energi

Perbanyak istirahat jika Anda terserang demam. Dengan demikian, system imun tubuh akan mempunyai waktu untuk bekerja lebih aktif untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Dan hindari aktifitas yang berlebih selama masih demam.

Cobalah dengan sup ayam dan tambahkan sedikit nasi dan beberapa sayuran. Makanan ini selain dapat membantu tubuh menghasilkan energi yang cukup untuk menghentikan penyebaran infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, untuk menghindari resiko penularan penyakit oleh virus, Anda perlu menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Karena tanpa asupan cairan yang cukup, tubuh akan semakin rentan terhadap penyakit. Jika tubuh terlanjur terkena demam, dan Anda kehilangan indera perasa, mungkin akan merasa malas untuk minum air putih terlalu banyak. Nah, Anda bisa memilik jus buah segar sebagai pengganti air mineral.

Dengan penanganan tersebut, tubuh akan berusaha melawan virus dengan alami, B’timers. Anda juga bisa mencoba meracik ramuan teh herbal sendiri untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tambahkan daun thyme, daun licorice, oregano, atau bunga chamomile ke dalam teh yang biasa Anda minum, dan tubuh akan segera fit. Dan jika demam, usahakan untuk menjaga tubuh tetap hangat, ya? (no)

Share This Article