Usir Batuk Berdahak Tanpa Obat, Ini Caranya! | BREAKTIME
Usir Batuk Berdahak Tanpa Obat, Ini Caranya!
19.04.2015

Batuk adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Tak hanya tenggorokan yang terasa sakit dan gatal, jika kita batuk terus-menerus juga akan terdengar berisik, bukan? Nah, ada dua macam batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Biasanya, yang lebih mengganggu adalah batuk berdahak karena batuk jenis ini disertai dengan lendir. Dan jika tak diobati, akan berujung pada penyakit batuk kronis lho, B’timers.

Lalu, seperti apa gejala batuk kronis itu? Beberapa gejalanya adalah hidung berair, terasa seperti ada cairan dan timbul rasa sakit di tenggorokan, suara serak, napas semakin pendek, perut mulas atau kaku, mulut terasa asam, hingga batuk berdarah pada fase yang sudah sangat parah.

Nah, sebelum batuk kronis datang mengganggu aktivitas Anda, segera obati dengan 3 cara sederhana ini:

Minum madu

Madu, obat alami untuk batuk berdahak
Madu, obat alami untuk batuk berdahak

Madu adalah bahan alami yang sangat baik untuk mengobati batuk. Sebuah studi di Penn State College of Medicine tahun 2007 menemukan bahwa madu yang diberikan pada anak berusia 2 hingga 18 tahun dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak dan mengurangi batuk. 

Mengonsumsi sup ayam

Konsumsi sup ayam selagi hangat
Konsumsi sup ayam selagi hangat

Menyantap sup ayam hangat terbukti dapat mengobati sakit batuk. Sebuah jurnal medis dari para dokter di University of Nebraska tahun 2000 membuktikan bahwa kandungan yang ada pada sup ayam dapat meredakan gejala demam. Zat anti inflamasi dalam bawang putih yang digunakan untuk bumbu sup ayam juga mampu menipiskan sekresi lendir sekaligus memperlambat sel darah putih dalam sistem imun yang merangsang respon peradangan.

Konsumsi bawang merah dan gula

Rasanya memang tak enak, tapi khasiatnya luar biasa!
Rasanya memang tak enak, tapi khasiatnya luar biasa!

Meski kedengarannya tidak lezat, namun bawang merah dan gula adalah obat batuk alami yang sangat baik. Iris satu siung bawang merah dan taruh di sebuah mangkuk. Taburkan 115 gram gula putih di atasnya dan biarkan semalaman. Bawang merah akan menyerap gula dan berubah jadi sirup. Untuk mempercepat prosesnya, didihkan campuran ini dengan api sedang selama sekitar setengah jam. Minum satu sendok penuh campuran ini setiap dua jam sekali.

Selain cara-cara tersebut, mengonsumsi minuman hangat yang dicampur daun mint atau jahe, serta menghirup aroma minyak kayu putih juga dapat membantu meredakan batuk berdahak. Get well soon, B’timers!

Share This Article