Penjelasan Tentang Kenapa Tidak Haid Setelah Hamil | Breaktime
Usai Melahirkan 5 Bulan, Kenapa Tak Kunjung Datang Bulan?
07.08.2015
Selamat sore dok, maaf saya mau tanya. Saya seorang ibu yang baru melahirkan anak laki-laki. Saat ini anak saya sudah berumur 5 bulan per tanggal 15 Juli kemarin. Tapi saya kok belum haid lagi ya dok. Apakah hal tersebut normal? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya dok.





Cicih Trisnawati, Jakarta

Selamat sore, Ibu Cicih. Apakah saat ini Anda juga sedang memberikan ASI ekslusif pada buah hati? Para ibu umumnya memilih untuk memberikan ASI ekslusif pada buah hati selama kurang lebih 2 tahun karena hal ini akan sangat berperan positif pada tumbuh kembang anak.

Bila saat ini Anda sedang memberikannya, maka sangat normal bila sampai saat ini belum datang bulan. Saat menyusui, di dalam tubuh seorang ibu akan terjadi perubahan hormonal, yakni meningkatnya produksi hormon prolaktin.

Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, di satu sisi hormon ini juga berperan untuk menghambat ovulasi sehingga Ibu tidak mengalami menstruasi. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir. Siklus menstruasi akan kembali berjalan normal ketika Anda selesai memberikan ASI ekslusif.

Konsumsi salmon saat menyusui baik bagi pertumbuhan otak bayi
Konsumsi salmon saat menyusui baik bagi pertumbuhan otak bayi

Untuk saat ini, ada baiknya Anda lebih fokus untuk memberikan ASI ekslusif pada buah hati disertai dengan konsumsi makanan sehat. Anda bisa mengonsumsi buah dengan kadar air tinggi seperti semangka agar produksi ASI jauh lebih banyak. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan jaringan dalam tubuh Ibu dan buah hati.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kualitas ASI ekslusif dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti ikan salmon yang kaya akan lemak DHA. Lemak ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi dan mengurangi risiko penyakit baby blues. Semoga bermanfaat.

Share This Article