Texting dan Chatting Bikin Keriput. Kok Bisa? | Breaktime
Ups, Texting dan Chatting di Smartphone Bikin Keriput. Kok Bisa?
08.11.2015

Semakin hari, perkembangan teknologi semakin meningkat. Hampir setiap hari, produsen smartphone meluncurkan produknya dengan spesifikasi yang semakin unggul. Perkembangan tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal bersosialisasi. Teknologi canggih yang ada di smartphone memungkinkan proses sosialisasi tak lagi harus bertemu, cukup saling berkirim pesan.

Tapi, tahukah Anda kebiasaan mengirim pesan, termasuk SMS atau chatting menggunakan beberapa aplikasi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk keriput dan jerawat? Ini dia penjelasannya.

Text Neck

Kebiasaan menunduk ketika menatap layar smartphone dapat menyebabkan kolagen di bagian leher rusak. Menurut Dr Joel Schlessinger, posisi menunduk ketika menatap layar akan membuat otot dan saraf mengalami stres, yang berakibat pada kerusakan jika menjadi kebiasaan.

Untuk menghindarinya, Dr Paul Frank, menyarankan agar memposisikan smarthphone lebih tinggi dan sejajar dengan mata, sehinga kepala tak perlu menunduk. Dr Frank juga menyarankan untuk menghindari olahraga leher karena dapat memperparah keriput di leher. Dibanding olahraga leher, Teoxane, serum topical yang dapat digunakan sehari-hari, lebih dianjurkan untuk mengatasi keriput pada leher Anda.

Texting dan Chatting Bikin Keriput. Kok Bisa? | Breaktime
Keriput dapat muncul karena terlalu banyak menatap layar smartphone

Garis halus mata

Ketika menghadapi layar smartphone, secara tidak sadar, Anda akan menyipitkan mata. Terlebih lagi ketika tulisan terlalu kecil atau pengaturan pencahayaan kurang pas. Kegiatan menyipitkan mata ini, akan menyebabkan kerutan-kerutan di sekitar mata yang berakhir dengan terbentuknya garis-garis halus pertanda keriput di sekitar mata. Anda tentu tidak ingin kan muncul keriput sebelum waktunya? Untuk itu, tingkatkan ukuran font dan atur kecerahan smartphone Anda agar tak perlu menyipitkan mata ketika melihat layar smartphone.

Texting dan Chatting Bikin Keriput. Kok Bisa? | Breaktime
Pipi dan dagu merupakan daerah rawan jerawat akibat smartphone

PHACNE (phone acne)

Karena terlalu banyak dipegang ketika digunakan, pasti banyak juga bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan smartphone Anda. Bukan masalah besar memang, hingga Anda menggunakannya untuk bertelepon dan menempelkannya ke wajah Anda. Bukan hal tidak mungkin bagi jerawat untuk muncul ketika permukaan smartphone yang kotor menempel di pipi Anda. Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan permukaan smartphone dan wajah Anda untuk menjaga kebersihanya.

Jadi buruk rupa gara-gara smartphone dan asik berkirim pesan? Jangan sampai terjadi ya, B’timers! (dfr)

Share This Article