Ups, Minum Kopi Ternyata Berbahaya! | Breaktime
Ups, Minum Kopi Ternyata Berbahaya!
27.08.2015

Kopi merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain dapat menghalau kantuk, kopi juga dirasa sangat pas menemani waktu senggang. Namun, ada beberapa pengaruh buruk minum kopi bagi tubuh. Berikut ulasannya!

Merangsang Asam klorida

Minum kopi saat perut kosong, seperti di pagi hari dapat menimbulkan masalah pencernaan. Asam klorida atau HCL harusnya di produksi untuk mencerna makanan. Tapi karena tak ada makanan yang dicerna, masalah pencernaan seperti kembung, diverticulitis, bahkan kanker usus besar juga bisa mengintai.

Iritasi perut dan usus

Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat asam dan dapat mengiritasi perut serta lapisan usus. Hal inilah yang menjadi faktor utama maag, gastritis, IrritableBowel Syndrome (IBS)  dan Crohn. Selain itu, iritasi pada usus akan menyebabkan kejang perut, kram, sembelit dan diare. Oleh karena itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk berhenti minum kopi sama sekali.

Mual dan mulas

Kopi dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah sehinga menyebabkan mual dan mulas. Selain itu, otot kecil esofagus ini seharusnya tertutup setelah Anda makan agar makanan tidak kembali lagi ke kerongkongan.

Pencahar

Kopi akan merangsang gerak peristaltic dan meningkatkan pengosongan lambung. Akibatnya, makanan akan berpindah ke usus halus sebelum tercerna sempurna. Dengan kondisi tersebut, penyerapan nutrisi tidak akan optimal. Bahkan, kopi tanpa kafein juga dapat menyebabkan masalah ini.

Baca juga: APA SAJA MANFAAT RAHASIA CUKA APEL UNTUK KESEHATAN?

Glaukoma

Minun kopi dapat memperparah glaucoma
Minun kopi dapat memperparah glaucoma

Minum kopi akan meningkatkan tekanan di dalam mata. Peningkatan tekanan ini akan berlangsung selama 90 menit, setelah 30 menit meminum kopi.

Studi di di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women's Hospital, Boston, yang melibatkan 79 ribu responden wanita membuktikan bahwa mereka yang memiliki gangguan mata terbukti mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari.

Osteoporosis

Ingin tulang sehat? Berhenti minum kopi mulai sekarang! Kopi akan meningkatkan jumlah kalsium yang keluar bersama urin. Jika Anda tidak bisa berhenti minum kopi, setidaknya batasi asupan kopi Anda maksimal 300 mg perhari.

Menyebabkan stres

Banyak orang beranggapan minum kopi dapat menghilangkan stres. Padahal kopi dapat memicu pelepasan hormone kortisol, epinerrin dan norepinefrin yang akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan tingkat ketegangan tubuh Anda. Masih berpikir untuk minum kopi ketika stres

Share This Article