Ups, Makanan Sehat Ini Sebabkan Gigi Berlubang! | Breaktime
Ups, Makanan Sehat Ini Sebabkan Gigi Berlubang!
29.09.2015

Kita sering beranggapan penyebab gigi berlubang adalah gula yang ada dalam makanan. Untuk itu, biasanya mereka melarang anak-anaknya untuk makan permen dan makanan kaya gula. Padahal, makanan sehat juga bisa menyebabkan gigi berlubang, lho. Apa saja?

Buah-buahan

Buah memang sangat baik bagi tubuh Anda, tapi buah yang memiliki cita rasa asam, seperti buah jeruk dapat merusak gigi. Kandungan vitamin dalam jeruk memang baik untuk melindungi kolagen gigi, namun juga bisa mengikis enamel gigi.

Pengikisan enamel gigi tersebut juga diperkuat dengan penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2011. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa jus jeruk memiliki kekuatan erosif yang sama dengan minuman bersoda.

Nah, agar tak merusak gigi, segara minum segelas air setelah Anda mengonsumsi buah jeruk ataupun meminum jusnya.

Netralkan kandungan asam dengan segelas air
Netralkan kandungan asam dengan segelas air

Almond

Mengonsumsi kacang almond banyak disarankan agar tubuh lebih sehat dan tak berlebihan kalori. Namun, teksturnya yang cukup keras dapat menyebabkan gigi patah. Untuk itu, usahakan hanya mengonsumsi almond yang berbentuk irisan dan jauhi almond utuh. Ini bertujuan untuk menurunkan kemungkinan rusaknya gigi.

Selai kacang

Sarapan pagi dengan roti dan selai kacang tentu saja nikmat. Tak hanya itu, selai jenis ini juga mengenyangkan dan kaya protein. Namun, akibatnya untuk gigi sangatlah buruk. Tekstur yang lengket, menyebabkan selai kacang mudah menempel di gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Agar selai kacang tak berlama-lama lengket di gigi Anda, makan selembar roti tawar dan minum segelas air putih.

Acar

Berbahan dasar sayuran acar tentu baik bagi kesehatan. Namun, kandungan cuka yang ditambahkan menyebabkan acara memiliki kandungan asam yang tinggi. Seperti halnya jeruk, acar juga dapat mengikis enamel gigi dan merusak mineral gigi. Jadi, ketika ingin mengonsumsi acar, sandingkan dengan seiris keju. Keju kaya akan kalsiumnya dan dapat menetralkan asam yang ada dalam acar.

Share This Article