Baju Baru yang Langsung Dipakai Ternyata Berbahaya! | Breaktime
Ups, Baju Baru yang Langsung Dipakai Ternyata Berbahaya!
13.10.2015

Setelah membeli baju, biasanya kita tak sabar ingin segera memakainya. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru memakai baju yang baru Anda beli. Dicuci dulu, yuk! Sebab, baju baru ternyata mengandung ‘bahaya’ yang bisa mengganggu kesehatan seperti berikut ini:

Zat Kimia

Ternyata, baju baru mengandung beberapa zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Donald Besito, profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, mengungkapkan bahwa pakaian baru mengandung pewarna dan formaldehida tinggi. Kedua zat ini, diperoleh selama proses pembuatan dan dapat mengakibatkan iritasi kulit serta reaksi alergi parah.

Jamur

Selama proses pembuatan, banyak tangan-tangan yang tidak terjamin kebersihannya menyentuh  pakaian yang Anda beli. Selain itu, selama dipajang di toko, pasti beberapa tangan juga menyentuhnya karena penasaran dengan pakaian tersebut. Akibatnya, akan ada beberapa jenis jamur yang bersarang dipakaian Anda. Meskipun tampaknya bersih dan begitu halus, siapa yang tahu kotoran apa saja yang menempel di pakaian?

Baju Baru yang Langsung Dipakai Ternyata Berbahaya! | Breaktime
Sebelum Anda, mungkin saja orang lain pernah mencoba pakaian tersebut

Kutu

Selama proses penyimpanan, pakaian seperti kemeja, rok, kaos, maupun celana akan ditumpuk bersama dengan yang lain. Hal ini sangat memungkinkan bagi kutu untuk berkembang biak dengan mudah, baik menjadikannya sarang maupun menetaskan telur-telurnya. Jadi jangan heran jika tiba-tiba Anda merasa gatal ketika memakai pakaian baru tanpa dicuci terlebih dahulu.

Penularan penyakit

Sebelum membeli pakaian, Anda pasti akan mencobanya terlebih dahulu. Begitu pula dengan orang lain yang tertarik untu membelinya, mereka pasti akan mencobanya terlebih dahulu. Dengan begitu, pakaian akan tersentuh orang lain ketika dicoba di kamar pas. Anda juga tidak tahu pasti siapa saja yang pernah mencobanya, apakah orang tersebut sehat atau memiliki penyakit kulit seperti panu. Bisa jadi, Anda tiba-tiba terserang penyakit kulit karena tertular dari pakaian yang tidak bersih.

Untuk itu, jangan ragu untuk mencuci terlebih dahulu pakaian yang baru saja Anda beli. Jika perlu, cuci sebanyak dua kali sebelum Anda benar-benar memakainya untuk pertama kali. Dengan begitu, zat kimia, jamur, kutu beserta telurnya, dan kuman penyakit yang menempel bisa dibersihkan. Sehingga Anda terhindar dari penyakit kulit yang merepotkan. Biasakan hidup bersih dan sehat ya, B’timers!

Share This Article