Ugh, Perut Kembung? Coba Atasi dengan Pose Yoga! | Breaktime
Ugh, Perut Kembung? Coba Atasi dengan Pose Yoga!
23.02.2017

Ugh, ketika perut kembung, tentu rasanya begitu tidak nyaman. Anda yang pernah mengalami hal ini, di waktu perut kembung ingin sekali menyingkirkan kelebihan gas yang tersimpan di dalam perut. Iya, kan, B’timers? Nah, kebiasaan yang salah ketika makan atau terlalu banyak makan bisa mengakibatkan perut menjadi kembung. Dan ada banyak cara untuk bisa mengatasi rasa kembung, salah satunya yaitu dengan pose yoga tertentu.

Wow, mungkin fakta ini terdengar sedikit lucu. Bagaimana mungkin saat Anda melakukan pose yoga bisa membantu mengatasi perut kembung, B’timers? Eits, jangan salah sangka dulu, sebelum Anda membaca dan mempraktekkan beberapa pose yoga untuk mengatasi perut kembung di bawah ini! Sebelum  mulai, posisikan tubuh Anda secara berbaring. Hal ini akan membantu Anda untuk mengambil napas dalam dan merasa berenergi.

Ugh, Perut Kembung? Coba Atasi dengan Pose Yoga! | Breaktime
Tahan posisi sambil menarik napas dalam dengan rileks

Apanasana atau posisi lutut menempel di dada. Pose peregangan sederhana ini sudah lama dikenal bisa membantu mengatasi kelebihan gas yang membuat perut kembung, lho, B’timers. Berbaringlah dengan tubuh santai dan tarik napas. Letakkan tangan Anda di lutut. Buanglah napas setelah itu bawa lutut Anda ke arah dada. Tekankan kedua tangan pada lutut untuk membantu memaksimalkan peregangan.

Pose yoga spinal twist sangat disarankan untuk Anda yang merasa tidak nyaman karena perut kembung, B’timers. Berbaringlah dan peluk lutut sambil menarik napas. Ketika Anda mengeluarkan napas, bawalah lutut kiri dengan mendorong tubuh menggunakan tangan kiri. Putar kepala dan regangkan tangan Anda ke arah kanan. Tahan posisi ini selama 5 – 10 napas. Setelah itu, Anda bisa mengulangi sisi yang lain.

Ugh, Perut Kembung? Coba Atasi dengan Pose Yoga! | Breaktime
Rasakan peregangan ketika melakukan pose yoga ini, deh

Bridge pose atau setu bandha sarvangasana dapat membantu dalam melancarkan aliran darah di dalam tubuh Anda. Dan pose ini akan membuat Anda semakin berenergi. Berbaringlah di lantai dan tekuk lutut Anda. Tahan kedua lengan di samping tubuh dan kaki menempel di lantai. Perlahan angkat pinggul Anda hingga pada otot dada terasa peregangan. Cara ini efektif mengatasi gangguan sistem pencernaan.

Untuk mengatasi perut kembung, pose yoga selanjutnya yang bisa Anda praktekkan adalah one-legged seated spinal twist. Gerakan memutar ini dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan karena perut kembung. Duduklah dengan kedua kaki terulur. Perlahan tekuk lutut kanan dan tempatkan tumit kanan di dekat tubuh. Sementara tangan kanan menjulur ke belakang tubuh. Lalu regangkan tubuh Anda.

Ugh, Perut Kembung? Coba Atasi dengan Pose Yoga! | Breaktime
Hayoo, Anda bisa sampai mencium lutut tidak, nih, B’timers?

Seated forward bend pose atau paschimottanasana membantu tubuh merasa rileks serta meringankan perut yang kembung. Duduklah di lantai dengan kedua kaki lurus di depan tubuh. Usahakan agar tubuh dan punggung tetap lurus, perlahan bawa tubuh Anda serendah mungkin, hingga menyentuh kaki Anda. Tahan posisi tersebut selama 5 – 10 tarikan napas dalam. Usahakan untuk tetap santai, ya, B’timers?

Gunakan pose seated heart opener jika Anda baru saja menghabiskan makanan terlalu banyak yang bisa menyebabkan perut terasa kembung. Duduklah di atas kedua tumit Anda dan usahakan untuk bersandar kemudian letakkan kedua telapak tangan Anda di belakang tubuh. Dan berilah tekanan hingga otot dada terasa berkontraksi. Angkan dada sambil menekan kedua tangan di permukaan lantai. And breath.

Cat atau cow pose atau lebih dikenal dengan sebutan marjaryasana and bitilasana juga terbukti efektif membantu menghangatkan tulang punggung dan meredakan ketegangan di punggung dan leher. Anda bisa mulai dengan posisi seperti merangkak. Kedua tangan dan lutut menempel di lantai. Tariklah napas dan pastikan punggung tetap datar. Ayunkan kepala dan punggung ke atas dan ke bawah bergantian.

Itulah beberapa pose yoga untuk membantu mengatasi perut kembung yang dapat Anda praktekkan di rumah, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE