Kenali Lebih dalam Tentang Penyakit Typus | BREAKTIME
Typus: Causes, Symptoms, & Diagnosis
31.01.2015

B’timers, pernah tidak Anda terserang penyakit typus? Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh adanya virus ini sering menyerang saat tubuh drop. Gejalanya yang mirip flu sering membuat orang terkecoh sehingga tak jarang si penderita mengalami kondisi yang cukup parah.

Maka dari itu, Breaktime rangkumkan beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang typus:

Causes

Typus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi yang terdapat dalam makanan dan minuman yang kurang higienis. Typus juga bisa ditularkan oleh penderita yang tidak mencuci tangan dengan bersih usai buang air besar.

Symptoms

Gejala awal typus ini biasanya ditandai dengan demam, sakit perut yang disertai mual dan muntah, perubahan pola BAB, lidah berwarna putih, serta berkurangnya nafsu makan. Selain itu, B’timers juga akan merasa lemas sepanjang hari dan juga mengalami nyeri di bagian persendian.

Treatment

Jika beberapa gejala typus tersebut telah nampak, sebaiknya segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri. Saat Anda positif terserang typus, biasanya akan dianjurkan untuk rawat inap agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Untuk meredakan panas yang dialami saat typus, kompres dahi dengan air hangat. Jangan sekali-kali meredakan demam dengan menggunakan air es karena dapat memecahkan pembuluh darah. Selain itu, gunakan selimut yang tipis agar panas tubuh bisa menguap melalui pori-pori kulit. Makanlah makanan yang bertekstur lembut seperti bubur untuk menetralkan sistem pencernaan yang sedang terjangkit bakteri Salmonella. Stay healthy, B’timers!

Share This Article