Trik Simpan Kresek untuk Kurangi Sampah Plastik | Breaktime
Trik Simpan Kresek untuk Kurangi Sampah Plastik
25.02.2016

Sejak Minggu, 21 Februari 2016 kemarin, pemerintah mulai menjalankan uji coba aturan kantong plastik berbayar di berbagai department store dan convenient store di 22 kota di Indonesia. Uji coba ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 2016. Langkah pemerintah ini mendapat dukungan penuh dari para aktivis lingkungan yang mendambakan suasana kota yang bebas sampah.

Sejak saat itu, siapa saja yang berbelanja di supermarket atau minimarket di 22 kota tersebut diwajibkan membayar 200 rupiah per kantong plastik untuk tempat belanja. Dengan demikian, pemerintah berharap seluruh lapisan masyarakat yang berbelanja akhirnya membawa kantong belanjaan sendiri yang bisa digunakan berkali-kali. Hal ini tentunya akan mengurangi penggunaan kantong plastik yang berakibat menggunungnya sampah.

Trik Simpan Kresek untuk Kurangi Sampah Plastik | Breaktime
Sampah plastik bertambah banyak setiap tahunnya

Selama ini, sampah berbahan plastik di Indonesia selalu bertambah setiap tahunnya. Entah itu kemasan makanan atau kantong plastik pada umumnya. B’timers tentu sudah tahu bahwa plastik adalah sampah anorganik yang berbahaya dan mencemari lingkungan. Sampah plastik juga membutuhkan waktu puluhan tahun lamanya untuk melebur secara alami dengan tanah.

Lalu bagaimana dengan kantong-kantong plastik yang tak terpakai di rumah Anda, B’timers? Tentu saja Anda tidak boleh membuangnya sembarangan. Sebagai warga yang baik, Anda harus mendukung langkah positif pemerintah ini dengan mengurangi membuang sampah berbahan plastik. Kantong plastik di rumah Anda bisa Anda gunakan untuk belanja daripada menambah plastik baru dari supermarket.

Nah, Breaktime akan memberikan tips menyimpan kantong-kantong plastik di rumah Anda agar tetap bersih dan tertata rapi. Trik cerdas ini juga membantu Anda untuk tidak sembarangan membuang plastik atau kresek. Di samping itu, kresek tersebut bisa digunakan kembali untuk belanja. Yuk, lihat video tutorial menyimpan kresek berikut ini.

Bagaimana, B’timers? Cerdas dan praktis bukan? Sekarang saatnya kita bahu-membahu membantu langkah pemerintah wujudkan lingkungan bersih, segar dan sehat tanpa sampah plastik dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Langkah lainnya yang mungkin berani Anda coba, Anda juga boleh menolak saat kasir menawarkan Anda kantong plastik untuk membawa belanjaan.

Jadi, Anda bisa membawa kantong atau tas belanjaan sendiri. Tentunya lebih aman, praktis dan juga hemat, bukan? Selamat mencoba! (nap)

Share This Article