Traveling ke Luar Negeri? Lakukan Ini untuk Atasi Jet Lag
Traveling ke Luar Negeri? Lakukan Ini untuk Atasi Jet Lag
06.10.2015
“Jet lag is my favorite drug.” – Jacques Cousteau

Traveling ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi memang seru, apalagi kalau B’timers bepergian ke luar negeri. Nah, salah satu hal yang pasti dialami traveler saat pergi jauh adalah jet lag. Why does this happen? Sebenarnya, penyebab jet lag bukan hanya rasa lelah dan dehidrasi setelah melakukan perjalanan yang lama.

Jet lag biasa terjadi saat Anda melintasi zona waktu yang berbeda, khususnya setelah berada dalam penerbangan yang panjang dan lama. Bisa jadi Anda akan sedikit linglung, serta mengalami perubahan nafsu makan dan pola tidur. Nah, agar momen traveling Anda tetap asyik dan seru, Breaktime berbagi tips untuk menghindari dan mengatasi jet lag:

Tetap bergerak

Kita juga bisa menyebut jet lag dengan istilah “soul delay”. Ini terjadi karena tubuh kita sudah berada di tempat tujuan, namun jiwa kita tak “sampai” secepat tubuh kita. Pada saat-saat seperti ini, justru jangan menghabiskan waktu untuk istirahat atau tidur, melainkan bergeraklah dengan berjalan kaki di sekitar bandara misalnya, ini juga untuk memperlancar peredaran darah.

Sesuaikan jam Anda

Jika Anda pergi ke tempat dengan zona waktu yang benar-benar berbeda, sebaiknya segera sesuaikan jam tangan Anda dengan waktu setempat. Ini bisa membantu tubuh melakukan penyesuaian dengan zona waktu setempat di mana Anda berada.

Habiskan waktu bersenang-senang untuk menghilangkan jet lag
Habiskan waktu bersenang-senang untuk menghilangkan jet lag

Memakai jumper

Pergantian suhu panas tubuh juga mempengaruhi jam biologis manusia, demikian menurut ilmuwan Queen Mary College di University of London. Ini berarti Anda harus menghangatkan diri dengan cara seperti mengenakan pakaian yang lebih tebal dan meminum minuman panas untuk mengurangi kantuk dan lelah akibat jet lag.

Bersenang-senang

Saat tiba di tempat tujuan dan mengalami jet lag, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Jika Anda mengalami insomnia, pergi saja ke club, minum dan berpesta hingga Anda kelelahan. Setelah itu Anda pasti akan tertidur pulas.

Mengajak buah hati

Kapanpun dan di manapun, anak selalu bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi orangtua. Apalagi, jika Anda mengajak anak Anda ikut bepergian, jet lag tidak akan terlalu terasa dan takkan mempengaruhi momen liburan Anda bersama keluarga dan buah hati.

Selain itu, B’timers juga bisa memilih pesawat atau penerbangan yang tepat, seperti Boeing 757 yang tenang dan nyaman, agar perjalanan jauh Anda tetap terasa menyenangkan.

Share This Article